androidvodic.com

Napoli vs Barcelona: Cari Gol Pertama, Dua Juara Liga yang Terpuruk Bertemu di Napoli - News

Napoli vs Barcelona: Cari Gol Pertama, Dua Juara Liga yang Terpuruk Bertemu di Napoli

News- DUA juara liga top yang sedang terpuruk akan berlaga di leg pertama 16 besar Liga Champions, saat Napoli menjamu Barcelona di Stadio Maradona, Kamis (22/2) dini hari.

Kedua tim, yang punya keterkaitan dengan sang legenda, Diego Maradona, memuncaki liga domestik mereka musim lalu. Namun, musim ini naga-naganya keduanya tak akan mempertahankan gelar juara. Keduanya juga gagal tampil mengesankan di fase grup Liga Champions.

Perempat finalis tahun lalu, Napoli finis sebagai runner-up Grup C di fase pertama Liga Champions musim ini, tertinggal delapan poin di belakang Real Madrid --yang melibas mereka di laga kandang, dan tandang.

Meskipun demikian, tiga kemenangan dari empat laga lainnya yakni melawan Braga dan Union Berlin, terbukti cukup untuk melaju ke babak sistem gugur.

Juara Serie A ini sekarang mencoba untuk mengalahkan rival lama Real, Barcelona, untuk pertama kalinya, setelah gagal dalam tiga duel sebelumnya dalam lima musim terakhir.

Tapi Partenopei dalam kondisi tak baik-baik saja saat ini. Pada periode ini di musim 2022-23 lalu, mereka telah mengumpulkan 65 poin untuk bertakhta di puncak. Sekarang, mereka baru mengumpulkan 36 poin dari 24 laga --selisih 19 poin dengan musim lalu-- untuk duduk di peringkat sembilan klasemen sementara.

Baca juga: Daftar Pemain Barcelona Lawan Napoli di 16 Besar Liga Champions: Panggung Victor Roque Unjuk Gigi

Penyerang Barcelona asal Brasil #19 Vitor Roque (tengah) merayakan gol pembuka, bersama gelandang Barcelona, Pedri (kanan) dan penyerang Barcelona asal Polandia, Robert Lewandowski, pada pertandingan sepak bola liga Spanyol antara FC Barcelona vs CA Osasuna di Estadi Perusahaan Olimpic Lluis di Barcelona pada 1 Februari 2024.
Penyerang Barcelona asal Brasil #19 Vitor Roque (tengah) merayakan gol pembuka, bersama gelandang Barcelona, Pedri (kanan) dan penyerang Barcelona asal Polandia, Robert Lewandowski, pada pertandingan sepak bola liga Spanyol antara FC Barcelona vs CA Osasuna di Estadi Perusahaan Olimpic Lluis di Barcelona pada 1 Februari 2024. (LLUIS GENE / AFP)

Walhasil, Walter Mazzarri pun dipecat kemarin. Dan penggantinya, Franceso Calzona tiba dengan kontrak jangka pendek hingga Juni, untuk menjadi pelatih kepala ketiga klub musim ini. Debut pelatih timnas Slovakia ini sungguh luar biasa, yakni melawan Barcelona.

Itu akan menjadi tugas sangat berat. Performa Napoli memang sedang memprihatinkan, dan itu jadi alasan Mazzarri dipecat. Lima laga terakhir mereka hanya sekali menang, dengan dua kali kalah, dan dua kali seri.

Di laga terakhir, mereka terselamatkan dengan gol penyeimbang di menit-menit akhir dari Cyril Ngonge hingga bisa menahan imbang Genoa 1-1.

Sebagai hiburan kecil, hasil imbang tersebut menjaga rekor tak terkalahkan Partenopei di kandang sendiri, saat mereka belum pernah kalah dalam lima laga terakhir di Stadio Maradona.

Selain itu, kekalahan dari Real Madrid di awal musim ini merupakan satu-satunya kekalahan Napoli dalam 16 pertandingan kandang Liga Champions, di mana mereka telah memenangkan 10 pertandingan.

Namun, sejarah lebih memihak Barcelona dalam rentetan duel selama ini. Barca tak terkalahkan dalam enam duel terakhir kontra Partenopei dengan mengemas empat kali menang, dan dua kali seri.

Tapi, Barca juga tak dalam performa maksimal saat ini. Mereka kembali ke fase penyisihan Liga Champions untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir, dan finis pertama dengan susah payah di grup B.

Pasukan Xavi Hernandez ini mengungguli FC Porto dalam rekor head-to-head setelah keduanya sama-sama mengoleksi 12 poin dari enam pertandingan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat