androidvodic.com

Alasan Shin Tae-yong Lebih Sering Mainkan Asnawi Mangkualam Ketimbang Sandy Walsh, Efek Anak Emas? - News

News - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto membongkar alasan Shin Tae-yong lebih sering memainkan Asnawi Mangkualam ketimbang Sandy Walsh.

Menurut Nova Arianto, hal tersebut sesuai dengan kebutuhan strategi tim.

Diketahui, anggapan Asnawi Mangkualam sebagai anak emas Shin Tae-yong di Timnas Indonesia memang sempat ramai berhembus.

Sebab, Asnawi selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong, hingga didapuk sebagai kapten Timnas Indonesia.

Bek Indonesia #14 Asnawi Mangkualam merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Vietnam dan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. KARIM
Bek Indonesia #14 Asnawi Mangkualam merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Vietnam dan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. KARIM (JAAFAR / AFP)

Bahkan, posisi Asnawi pun tetap meskipun Garuda memiliki sosok Sandy Walsh. Pemain keturunan yang berposisi sama dengan Asnawi.

Berstatus sebagai pemain termahal Garuda, Sandy Walsh pun sempat menjadi pelapis Asnawi di berbagai kesempatan.

Sebagai contoh saat di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Iraq November tahun lalu, Sandy diparkir di bangku cadangan.

Lalu saat melawan Filipina di laga kedau Kualifikasi Piala Dunia 2026, Sandy ditarik keluar di babak pertama pada menit ke-30.

Situasi tersebut pun berlanjut saat awal gelaran Piala Asia 2023 kemarin.

Sandy Walsh juga hanya dimainkan dari bangku cadangan dan hanya mendapat tiga menit bermain saja.

Bek Indonesia #06 Sandy Walsh melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Indonesia di Stadion al-Thumama di Doha pada 24 Januari 2024.
Bek Indonesia #06 Sandy Walsh melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Indonesia di Stadion al-Thumama di Doha pada 24 Januari 2024. (Giuseppe CACACE / AFP)

Baca juga: Nova Arianto Bocorkan Cara Shin Tae-yong Membangun Chemistry Antar Pemain Timnas Indonesia

Atas hal tersebut pun banyak pihak yang menanyakan, apa alasan Shin Tae-yong lebih sering memilih Asnawi ketimbang Sandy Walsh.

Menanggapi kondisi tersebut, asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto pun angkat bicara.

Menurut Nova Arianto, Shin Tae-yong tentu memiliki strategi tersendiri dengan pilihan pemain yang diturunkannya.

"Yang pasti, coach Shin punya pikiran tersendiri dan taktikal apa yang bakal dia buat, apakah dia butuh Asnawi atau Sandy," ungkap Nova Arianto yang dikutip dari tayangan YouTube Si Paling Timnas, Rabu (21/2/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat