androidvodic.com

Nathan Tjoe-A-On Sudah Disumpah dan Resmi Jadi WNI, Bisa Tampil Lawan Vietnam - News

News, JAKARTA - PSSI memastikan pemain keturunan Belanda, Nathan Tjoe-A-On, sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Senin (11/3/2024) lalu.

Foto Nathan mengambil sumpah sebagai WNI beredar luas sejak Senin malam. Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain yang lahir di Rotterdam pada 22 Desember 2001.

Pemain yang sedang dipinjamkan Swansea City itu memiliki darah Indonesia dari kakeknya dari jalur ibu yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Profil Nathan Tjoe-A-On, Wajah Baru Timnas Indonesia yang Resmi Jadi WNI

Lewat keterangan di laman Kanwil Kemenkum DKI Jakarta, diketahui pengambilan sumpah Nathan menjadi WNI dilakukan di aula kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Ibnu Chuldun mengatakan walaupun pengambilan sumpah itu dilaksanakan pada tanggal merah (hari libur), namun sejatinya pelayanan tidak pernah libur.

Ia juga menyampaikan melalui sumpah ini ada komitmen untuk berjanji, menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara, menghormati harkat dan martabat manusia, serta
mendorong terciptanya kesejahteraan bersama.

Sebagai WNI yang baik, Nathan diminta untuk memiliki rasa kebangsaan serta wawasan kebangsaan yang didasarkan pada empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dalam waktu 14 hari saudara Nathan diharapkan segera mengembalikan dokumen kewarganegaraan asingnya kepada instansi yang berwenang. agar status kewarganegaraan menjadi lengkap,” kata Ibnu.

Sementara itu PSSI lewat pernyataan di situs Kita Garuda juga memastikan bahwa Nathan Tjoe-A-On sudah resmi menjadi WNI.

"Sejatinya Nathan dijadwalkan mengambil sumpah sebagai WNI pada Desember 2023. Ia seharusnya melaksanakan agenda tersebut bersama dengan Jay Idzes. Namun, Nathan baru dapat melaksanakannya semalam. Keadaan tersebut terjadi karena kesibukan pesepakbola berusia 22 tahun itu yang tak bisa ditinggalkan," tulis pihak PSSI.

Baca juga: Nathan Tjoe-A-On Resmi Jadi WNI, Siap Debut Bela Timnas Indonesia Hadapi Vietnam

Selain Nathan, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen saat ini juga sedang berada di Jakarta. PSSI berharap kedua pemain berdarah Indonesia-Belanda itu sudah menjalani sumpah WNI sebelum penyerahan nama skuat Indonesia vs Vietnam pada 13 Maret.

Nathan sendiri setelah resmi menjadi kini Nathan tinggal menunggu proses administrasi perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia). Jika semua langkah berjalan lancar, pemain pinjaman dari Swansea City itu bisa memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam.

"Kini setelah menjadi WNI, Nathan berpeluang besar melakukan debutnya berseragam Timnas Indonesia saat laga melawan Vietnam. Duel lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tersebut dilangsungkan dimainkan sebanyak dua kali," tulis PSSI.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya menyebut bahwa Nathan paling berpeluang
memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam pada kualifikasi Piala Dunia 2026 dibanding dua pemain naturalisasi lainnya, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

"Karena deadline pendaftaran [skuat Indonesia vs Vietnam] tanggal 13 [Maret], sedangkan tanggal 11 [Maret] itu sudah libur, jadi kita lagi coba hari ini dimaksimalkan dan kalau bisa tanggal 13 [Maret] angkat sumpah sehingga kita bisa register ke FIFA."

Baca juga: Rekap Hasil Bola Tadi Malam: ATM Lolos Semifinal Copa del Rey, Tim Nathan Tjoe-A-on Kena Bantai

"Nathan akan angkat sumpah juga, prosedur dia sudah selesai. Justru yang potensial main Nathan sekarang, kalau Thom Haye dan Ragnar masih proses," ujar Erick di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Timnas Indonesia akan lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3). Setelah itu skuat Garuda akan melawat ke markas Vietnam, Stadion My Dình, Selasa (26/3).

Timnas Indonesia masih berada di dasar klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan torehan 1 poin setelah kalah dari Irak dan ditahan imbang Filipina.(tribun network/jid/dod)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat