androidvodic.com

Vietnam vs Timnas Indonesia, Waktunya Shin Tae-yong Akhiri Penantian 2 Dekade Skuad Garuda di Hanoi - News

News - Untuk kedua kalinya secara beruntun, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor identik 1-0.

Setelah di Piala Asia 2023 Qatar, kini tim asuhan Shin Tae-yong menang dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia 2026 round 2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam.

Gol kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit 51.

Hasil tersebut membuat Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama setelah Ivan Toplak pada tahun 1993 yang membawa Timnas Indonesia menang beruntun atas Vietnam.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama pemainnya Marselino Ferdinan saat hadir dalam sesi pre-match conference di Media Center SUGBK, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama pemainnya Marselino Ferdinan saat hadir dalam sesi pre-match conference di Media Center SUGBK, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Tribunnews/Abdul Majid)

Ivan Toplak membawa skuad Garuda menang 2-1 atas Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 1994 dan menang 1-0 di ajang SEA Games 1993.

Kini, Shin Tae-yong berada diambang sejarah lain jika mampu membawa Timnas Indonesia menang atas Vietnam di Hanoi pada 26 Maret mendatang.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia tidak pernah menang atas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi sejak tahun 2004.

Kali terakhir skuad Garuda menang terjadi pada 11 Desember 2004, Timnas Indonesia yang kala itu diperkuat Gendro Kartiko, Ellie Aiboy hingga Boas Salossa menang dengan skor mencolok 0-3.

Baca juga: Shin Tae-yong Pede Bawa Indonesia Menang di Vietnam: Mengulang Kejayaan 20 Tahun Silam

Oleh sebab itu, berbekal dua kemenangan beruntun dan kepercayaan diri Timnas Indonesia saat ini Shin Tae-yong optimis bisa membawa pulang 3 poin dari Hanoi.

Tambahan poin tersebut bakal menjadi krusial dalam persaingan grup F kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia bisa lolos sebagai runner-up bahkan juara grup jika bisa memaksimalkan dua pertandingan kandang berikutnya melawan Filipina dan Irak.

Momen yang akan memberi keuntungan bagi skuad Garuda karena bermain di hadapan dukungan skuporter Indonesia.

"Tim Indonesia memang tak pernah menang di Hanoi (sejak 2004)," ucap Shin Tae-yong.

"Kalau begitu sekarang saya akan membuktikan bahwa kita akan menang di Hanoi," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat