androidvodic.com

Polandia Lolos Euro 2024 Secara Dramatis, Ini Sosok Pemain Polandia yang Menjadi Pahlawan Kelolosan - News

Polandia Lolos Euro 2024 Secara Dramatis, Ini Sosok Pemain Polandia yang Menjadi Pahlawan Kelolosan

News- Ketika Kiper Polandia, Wojciech Szczesny dipeluk rekan-rekannya dengan tawa bahagia, di sisi lain lapangan tampak Gelandang Wales, Daniel James dipeluk rekan-rekannya dengan raut muka kecewa.

Itulah suasana akhir laga final playoff Euro 2024 yang terekam di Stadion Cardiff (27/3) saat Polandia secara dramatis mengalahkan Wales lewat adu penalti 4-5 setelah skor imbang 0-0 di waktu normal. Polandia pun lolos ke Euro 2024, dan berbagi tempat di Grup D bersama Prancis, Austria, Belanda, Polandia.

Setelah mengalahkan Finlandia 4-1 di semifinal yang berlangsung berat sebelah, Wales memasuki final playoff Euro 2024 kemarin dengan penuh percaya diri, dan memiliki keunggulan sebagai tuan rumah di Stadion Cardiff City yang bising.

Anak-anak asuhan Rob Page sempat mencetak gol di masa injury time babak pertama namun dianulir. Dan kemudian penampilan gemilang kiper Polandia Wojciech Szczesny menggagalkan sundulan Kieffer Moore di babak kedua.

Polandia, yang diperkuat bintang Barcelona Robert Lewandowski gagal membuat satu pun tendangan ke arah gawang selama 120 menit. Namun, tim tamu sukses di babak adu penalti setelah Lewandowski, Sebastian Szymanski, Przemyslaw Frankowski, Nicola Zalewski, dan Krzysztof Piatek menjalankan tugas mereka dengan baik.

Ketika James, yang menjadi eksekutor terakhir Wales harus berhasil, Szczesny menehan upayanya untuk memastikan Polandia melaju ke Piala Eropa kelima kali secara beruntun.

Para pemain Polandia bersorak dalam euforia kemenangan. Sementara para pemain Wales tertunduk lesu. Daniel James tampak limbung, dan dipeluk rekan-rekannya.

Berbicara kepada S4C tak lama setelah adu penalti, pelatih Wales, Rob Page memuji para pemainnya dan memberikan dukungannya kepada James karena telah melangkah maju dan memiliki ‘keberanian’ untuk mengambil penalti.

“Ini pertandingan yang kejam dan itulah yang baru saja saya katakan kepada para pemain. Satu tendangan lagi dari kualifikasi dan itu menyakitkan," kata Page yang tampak emosional.

“Saya pikir kami adalah tim yang lebih baik. Pesan saya kepada para pemain di babak pertama adalah: “Kami adalah tim yang lebih baik, kami akan terus memenangkan pertandingan ini,” tuturnya.

"Saya baru saja mengatakannya di ruang ganti: kami akan mendukung Dan [James], dia memiliki keberanian untuk mengambil penalti itu dan saya sangat, sangat bangga dengan kelompok muda ini," ujar Page.

Dukungan untuk James juga ramai bergema di akun twitter/X. Pemain Leeds United ini dinilai hanya sedang sial menjalankan tugasnya. “Benar-benar patah hati untuk Dan James. Tapi kalian telah membuat kami bangga, kawan. Dan James juga," tulis seorang pendukung Wales.

Mantan Gelandang Wales, Joe Allen memastikan Dan James tak pantas jadi kambing hitam kegagalan tim. "Dan James dia telah menjadi pemain penting bagi Wales selama beberapa tahun terakhir. Dia adalah salah satu alasan utama kami pergi ke Piala Dunia dan Euro sebelumnya, semua orang akan mendukungnya dan akan mengingat apa yang telah dia lakukan untuk Wales bukan hanya kegagalan penalti," tuturnya di BBC.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat