androidvodic.com

Ukraina Lolos Dramatis ke Euro 2024, Terpaksa Main Kandang di Negara Netral, Ini Tantangan Dihadapi - News

Ini Tantangan Ukraina yang Lolos Dramatis ke Euro 2024, Terpaksa Main Kandang di Negara Netral

News- Air mata putus asa Ukraina berubah menjadi bahagia setelah secara dramatis memukul balik Islandia 2-1 di final Playoff Euro 2024 di tempat netral, Stadion Wroclaw, Polandia, Rabu (27/3) dini hari.

Negara yang sedang dilanda perang dengan Rusia ini pun lolos ke Euro 2024 bersama dua negara lain yang juga jadi pemenang di ajang playoff yakni Polandia, dan debutan Georgia.

Setelah negaranya diinvasi Rusia pada Februari 2022, Ukraina terpaksa memainkan pertandingan kandang dengan berpindah-pindah di sejumlah negara netral. Mulai dari di Slovakia, Republik Ceko, Jerman, dan terakhir di Polandia.

Ini adalah tiket keempat Ukraina berturut-turut ke ajang Piala Eropa. Mereka nantinya akan mengambil tempat di Grup E bersama Belgia, Slovakia dan Rumania, yang akan mereka hadapi pada 17 Juni.

"Terima kasih teman-teman! Terima kasih kepada tim! Telah membuktikan sekali lagi bahwa ketika warga Ukraina menghadapi tantangan namun menolak menyerah dan terus berjuang, mereka selalu menang," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dalam pesan di Telegram.

Teriakan "Ukraina, Ukraina" terdengar di sekitar stadion. Suasana kegembiraan dan pengibaran bendera kuning dan biru tidak jauh dari apa yang diharapkan jika pertandingan diadakan di Kyiv.

Polandia adalah rumah bagi sejumlah besar pengungsi akibat perang. Banyak dari mereka berada di stadion untuk menyaksikan salah satu kemenangan terbesar tim mereka mengingat keadaan yang ada.

Sukses ini membayar kegagalan Ukraina lolos ke Piala Dunia terakhir setelah kekalahan playoff oleh Wales. Dan untuk pertandingan kedua berturut-turut mereka harus bangkit dari ketertinggalan untuk mengamankan kemenangan setelah meraih kemenangan 2-1 atas Bosnia dan Herzegovina di semifinal (22/3).

Ukrania yang bertindak jadi tuan rumah di di kota Wroclaw, Polandia mendominasi penguasaan bola di 10 menit pertama.

Namun, justru Islandia yang nyaris memecah kebuntuan pada menit ke-14 ketika umpan terukur Hakon Arnar Haraldsson disambar Jon Dagur Thorsteinsson untuk menguji Andriy Lunin di gawang Ukraina.

Tim tamu kemudian unggul 1-0 setelah Albert Gudmundsson membuat terobosan pada menit ke-30 dengan tendangan solonya yang luar biasa untuk mencetak golnya yang ke-10 dalam seragam Islandia.

Pemain berusia 26 tahun itu melepaskan diri dari dua bek Ukraina sebelum melakukan tendangan melengkung sempurna dengan kaki kirinya di luar jangkauan Lunin dari jarak 23 meter.

Tuan rumah kemudian mengira berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-39 ketika Roman Yaremchuk meneruskan umpan silang Victor Tsygankov.

Namun setelah perayaan liar dari para penggemar Ukraina, gol tersebut dibatalkan setelah VAR memutuskan Tsygankov sebelumnya berada dalam posisi offside dari umpan Sudakov.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat