androidvodic.com

Meski Indonesia U-23 Takluk dari Irak U-23, Menpora Dito Angkat Topi Lihat Perjuangan Garuda Muda - News

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengapresiasi permainan Timnas Indonesia U-23 saat melawan Irak U-23.

Pada perebutan peringkat ketiga di Piala Asia U-23 2024 itu, Skuad Garuda Muda kalah dengan skor 1-2 dari Irak, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024).

Indonesia sejatinya sempat unggul lebih dulu lewat gol Ivar Jenner di menit ke-19. Sayangnya, keunggulan tersebut tak bertahan lama dan bisa disamakan Irak lewat gol Zaid Tahseen Hantoosh di menit ke-27.

Singa Mesopotamia berbalik unggul setelah Ali Jasim mencatatkan namanya di papan skor pada babak pertambahan waktu babak kedua.

"Harus bangga dan apresiasi untuk Timnas U-23 tadi bisa kita lihat bagaimana para pemain sangat agresif dan mendominasi serangan juga," kata Dito.

"Bagaimana kita lihat Ernando menahan berkali-kali tendangan dari Irak," sambungnya, usai acara Nobar di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Menteri berusia 33 tahun itu 'angkat topi' dengan perjuangan Garuda Muda yang terus berusaha mengimbangi bahkan tampil impresif.

Menurut Dito, Irak juga merupakan lawan yang tangguh, terbukti, secara peringkat FIFA, tim senior Irak berada di peringkat 58. Sementara itu, Timnas Indonesia berada di urutan 134.

"Kita harus realistis, memang dari awal ketemu Irak juga bukan perjuangan yang mudah, Irak menempati peringkat 50-an dan Indonesia 130-an. Bisa kita lihat bagaimana permainannya sangat imbang dan bahkan potensi kemenangan timnas sangat besar," ungkap Dito.

Dengan kekalahan tersebut maka Indonesia kehilangan kesempatan untuk lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024.

Garuda Muda akan melakoni duel play off demi tiket Olimpiade Paris, dengan menghadapi tim peringkat keempat di Piala Afrika U-23 2023, Guinea.

Pertandingan tersebut direncanakan bergulir di Paris, Perancis, 9 Mei mendatang.

Menatap ajang tersebut, Menpora Dito pun mengajak masyarakat untuk terus mendukung langkah tim besutan Shin Tae-yong itu.

"Memang di akhir Timnas Indonesia U-23 belum dapat keberuntungan untuk menang, tapi saya sangat puas dengan lihat gameplay-nya pemain Timnas U-23," ucap Dito.

"Jadi mari tetap beri dukungan selalu dan tetap optimistis. Ini masih ada satu laga lagi untuk menentukan lolos ke olimpiade atau tidak," ajaknya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat