androidvodic.com

Media Vietnam Soroti Isu Kehadiran Wasit Sivakorn Pu-Udom, Bikin Timnas U23 Indonesia Was-was - News

News - Media Vietnam turut menyoroti munculnya isu wasit Video Assistant Referee (VAR) asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom, yang membuat Timnas Indonesia U23 merasa ketar-ketir jelang laga play-off melawan Guinea U-23.

Menurut Soha.vn, jika benar Sivakorn Po-Udom yang mengawal laga tersebut, maka akan menimbulkan kecemasan bagi para pendukung Timnas U23 Indonesia dalam laga di INF Clairefontaine, Prancis, pada 9 Mei 2024 pukul 20.00 WIB.

Hal itu terjadi karena Sivakorn Pu-Udom selalu menimbulkan kontroversi saat memimpin pertandingan Timnas U23 Indonesia.

“Wasit Thailand membuat Timnas Indonesia U-23 ketakutan jelang laga play-off penentuan tiket Olimpiade,” bunyi judul dari pemberitaan media Vietnam, Soha.vn,

Media Vietnam Soha menyebut bahwa kehadiran Sivakorn Pu-Udom di ruang VAR memang selalu merugikan Timnas Indonesia.

Fakta ini memang tak hanya tersaji di Piala Asia U-23 2024, tetapi juga pada Piala Asia 2023 yang bergulir Januari lalu.

“Indonesia juga menghadapi kekhawatiran lain jika kedatangan wasit VAR dari Thailand, Sivakorn Pu-Udom. Baik Timnas Indonesia maupun Timnas U-23 selalu gagal dalam pertandingan karena campur tangan wasit Sivakorn Pu-Udom,” tulisnya.

Baca juga: Rumor Petugas VAR Timnas Indonesia vs Guinea, Garuda Muda Berjodoh Lagi dengan Sivakorn Pu-Udom?

Satu keputusan kontroversial yang terjadi di Piala Asia 2023 yang membuat Indonesia kesal saat mengesahkan gol kedua Irak, padahal saat itu ada pemain yang sedang dalam posisi offside.

“Di Piala Asia 2023, tim Indonesia kalah dari Irak. Sivakorn Pu-Udom diserang habis-habisan oleh netizen karena mengatakan bahwa gol kedua Irak tidak sah,” tulis Soha.vn dalam ulasannya.

“Karena seorang pemain berada dalam posisi offside saat itu menyerang. Namun, Sivakorn Pu-Udom, dalam perannya di ruang VAR, tidak memberi isyarat kepada wasit utama,” tambahnya.

Keputusan kontroversial lainnya terjadi pada saat Piala Asia U23 2024 kemarin.

penugasan Sivakorn Pu-Udom juga turut mewarnai tiga kekalahan skuad Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024. Momen yang pertama ialah kekalahan di fase Grup A melawan Qatar.

Di fase gugur, dua hasil minor yang diraih anak asuh Shin Tae-yong juga turut melibatkan wasit VAR asal Thailand itu. Momen ini tepatnya tersaji di fase semifinal dan babak perebutan peringkat ketiga.

“Setelah itu, giliran Indonesia U-23 yang mengalami tiga kekalahan saat Pak Sivakorn Pu-Udom menjalankan ruang VAR. Di antaranya kalah 0-2 dari Qatar di babak penyisihan grup, kalah 0-2 dari Uzbekistan di semifinal,” tulisnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat