androidvodic.com

Tembus Final, Leverkusen dan Dortmund Bikin Harum Sepakbola Jerman, Rekor 22 Tahun Lalu Terulang - News

News - Kesuksesan Bayer Leverkusen menembus final Liga Eropa semakin menambah harum sepakbola Jerman setelah keberhasilan Borussia Dortmund mencapai final Liga Champions.

Bayer Leverkusen berhasil ke final Liga Eropa setelah menyingkirkan AS Roma dalam dua leg dengan skor agregat 4-2, Jumat (10/5/2024).

Di leg kedua, Werkself -julukan Leverkusen, sempat tertinggal 2-0 hingga menit 80'. Tim asuhan Xabi Alonso itu baru mencetak gol di menit 82' berkat bunuh diri Gianluca Mancini.

Usaha untuk menyamakan skor terwujud hanya beberapa detik sebelum wasit meniup peluit akhir. Josip Stanisic membuat laga leg kedua berakhir imbang menjadi 2-2.

Sebelum gol penyama kedudukan itu, AS Roma yang menjadi tamu di BayArena unggul dua gol terlebih dulu melalui penalti Lendro Paredes di menit 43' dan 66'.

Dengan hasil ini, Bayer Leverkusen berhak ke final dan akan menantang Atalanta yang sebelumnya menyingkirkan Marseille dengan skor agregat 4-1.

Ini menjadi kali ketiga bagi Leverkusen mencapai final kompetisi besar Eropa setelah sebelumnya mereka mencapainya di Piala UEFA 1987/88 dan Liga Champions 2001/2002.

Baca juga: Hasil Liga Eropa: Menolak Tumbang, Bayer Leverkusen Melenggang ke Final

Leverkusen kini berjarak dua laga lagi untuk meraih treble winner di musim ini. Granit Xhaka dkk sebelumnya sudah menjadi juara Bundesliga.

Satu trofi bakal didapatkan jika mereka mengalahkan Atalanta di final Liga Eropa, dan satu lainnya dari DFB Pokal di mana mereka akan melawan FC Kaiserslautern.

Hasil melawan AS Roma juga membuat Leverkusen memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam 49 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

Kesuksesan Leverkusen telah membuat sepakbola Jerman harum di Eropa lantaran kini ada dua tim Negeri Panzer yang mencapai final kompetisi Eropa di satu musim.

Ya, selain Leverkusen ada Borussia Dortmund yang juga menembus final kompetisi kasta elit di benua biru, Liga Champions.

Di Liga Champions, Dortmund mengalahkan PSG di dua semifinal untuk membuat agregat 2-0 sebelum memastikan ke final.

Dortmund akan tampil di Wembley untuk melawan Real Madrid yang sebelumnya mengalahkan wakil Jerman lainnya, Bayern Munchen.

Baca juga: Kisah Edin Terzic, Musim Lalu Gagal Buat Dortmund Juara Bundesliga, Kini Lolos Final Liga Champions

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat