androidvodic.com

Pembelaan Erick Thohir saat Elkan Baggott Abaikan Panggilan Timnas Indonesia: Nasionalisme Masih Ada - News

News - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan pembelaan terkait respons Elkan Baggott yang sempat abaikan panggilan Timnas U23 Indonesia di babak play-off Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea lalu.

Sebelumnya, Elkan Baggott menjadi sorotan penggemar sepak bola Indonesia karena tak memenuhi panggilan Timnas U23 Indonesia.

Sikap tersebut lalu dihubungkan dengan tidak adanya nama Elkan Baggott dalam daftar 22 pemain Timnas Indonesia dalam persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Padahal Timnas Indonesia bakal melakoni laga penentuan melawan Irak dan Filipina pada bulan Juni mendatang.

Tentunya, dengan tidak dipanggilnya Baggott menimbulkan berbagai spekulasi liar.

Kalangan publik langsung mengaitkan dengan fakta saat sang bek Elkan Baggott tidak merespon panggilan Shin Tae-yong pada saat Timnas U23 Indonesia melawan Guinea pada babak play-off olimpiade 2024.

Pada saat itu, sosok Elkan Baggott sangat dibutuhkan Timnas Indonesia.

Pasalnya, Skuad Garuda Muda kehilangan Rizky Ridho dan Justin Hubner pada lini pertahanan.

Elkan Baggott lantas mendapat banyak hujatan dan dicap tidak nasionalis lagi.

Orang nomor satu di PSSI, Erick Thohir pun memberikan pembelaan terkait sikap Elkan Baggott di babak Play-off Olimpiade sebelumnya.

Erick menyebut, Elkan Baggott tidak mendapatkan izin dari klub. Soal ketidakhadirannya setelah kompetisi rampung dinilai sudah menjadi hak pemain.

Baca juga: Peluang Elkan Baggott Jadi Amunisi Tambahan Timnas Indonesia, Keputusan Ada di Tangan Shin Tae-yong

"Elkan memang tidak diijinkan oleh klubnya," ujar eks bos Inter Milan itu saat menjadi bintang tamu dalam acara talkshow ROSI KompasTV.

"Tetapi apakah terakhir waktu kita play-off, dia memutuskan untuk melakukan kegiatan lain, itu saya tidak bisa komentar, karena itu merupakan hak pribadi," tambahnya.

Soal tuduhan tidak nasionalis pada Elkan Baggott, Erick Thohir tegas membantah tuduhan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat