androidvodic.com

Peran Cristiano Ronaldo untuk Portugal di Euro 2024, Formalitas atau Tumpuan? - News

News - Berusia 39 tahun, Cristiano Ronaldo memimpin Portugal di Euro 2024. Usia hanyalah angka, pemain Al Nassr itu nyatanya masih menjadi aktor protagonis dalam permainan A Selecao.

Tapi, seberapa besar peran yang akan dimainkan Cristiano Ronaldo untuk Portugal di Euro 2024 mengingat kursi kepelatihan saat ini dipegang Roberto Martinez.

Sejak menjabat pelatih Portugal pada Januari 2023 menggantikan Fernando Santos, Roberto Martinez menggali lebih dalam bagaimana talenta dan gaya permainan A Selecao.

Menurut Analyst Opta, dia membangun ide untuk Portugal yang bisa bermain dengan bebas dan menyerang, dan bagaimana dampaknya jika permainan itu ada atau tidaknya seorang Cristiano Ronaldo.

Reaksi penyerang Cristiano Ronaldo selama pertandingan kualifikasi Grup J Euro 2024 antara Liechtenstein dan Portugal di stadion Rheinpark di Vaduz, Liechtenstein, pada 16 November 2023.
Reaksi penyerang Cristiano Ronaldo selama pertandingan kualifikasi Grup J Euro 2024 antara Liechtenstein dan Portugal di stadion Rheinpark di Vaduz, Liechtenstein, pada 16 November 2023. (SEBASTIEN BOZON/AFP)

Apakah masih akan menjadi andalan? Apakah akan mendapatkan menit bermain yang lebih sedikit? Ataukah dia menjadi pemain supersab yang berpeluang memberikan perubahan ketika memulai laga dari bangku cadangan?

Mantan pelatih Belgia itu menginginkan hal besar terjadi pada pemainnya, dengan talenta dan bakat yang dimiliki Portugal saat ini memiliki potensi membuat ledakan ketika di lapangan.

Jika melihat perjalanan Portugal ke Euro 2024, tim asuhan Roberto Martinez adalah satu-satunya tim yang tidak terkalahkan. Bahkan berhasil memenangkan semua pertandingan penyisihan grup (10).

Baca juga: 3 Jagoan Jose Mourinho untuk Juara Euro 2024: Cristiano Ronaldo bersama Portugal Tak Terbantahkan

Perlu diingat, tim yang dihadapi Portugal adalah tim semenjana, Bosnia, Slovakia, Islandia, Liechtenstein, dan Luxembourg.

Wajar saja bila tim peringkat 6 FIFA itu bisa memenangkan semua pertandingan Grup J dalam masa kualifikasi Euro 2024.

Dari jumlah pertandingan di atas, Cristiano Ronaldo hanya absen satu kali karena skorsing.

Satu laga itu ketika Portugal menang 9-0 atas Luksemburg pada September 2023. Salah satu bukti tanpa Cristiano Ronaldo Portugal bisa tetap berpesta gol.

Cristiano Ronaldo menjadi pemain ketiga yang mendapatkan menit bermain paling banyak (726') setelah Ruben Dias (810'), dan Bruno Fernandes (844').

Meskipun berada di tempat ketiga dan absen satu pertandingan, Cristiano Ronaldo menghasilkan 10 gol, setidaknya hanya selisih 4 gol dengan Romelu Lukaku yang mencetak lebih banyak gol darinya.

Kemampuan Cristiano Ronaldo dalam urusan mencetak gol masih sangat konsisten baik di level internasional maupun klub, meskipun dia sudah tidak berkompetisi di Eropa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat