androidvodic.com

Kemenpora Siap Bantu PSSI Optimalkan Pemain Naturalisasi, Diharapkan Ada Transfer Knowledge - News

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menilai hadirnya pemain keturunan di skuad Garuda berdampak positif pada permainan.

Ia pun ingin para pemain keturunan atau diaspora bisa memberikan pengalaman kepada para pemain Timnas Indonesia lainnya.

“Pastinya pemain diaspora kita yang telah dilakukan proses naturalisasi ini memiliki tehnik yang berbeda karena bagaimana mereka telah banyak bermain dan berkiprah di negara-negara yang lebih maju di klub-klub dan bahkan di Seri A,” kata Menpora Dito.

“Kedepan saya harap para pemain nasional kita bisa transfer knowledge dan mengikuti pola permainan dari pemain diaspora yang ada. Ini akan kita pantau terus untuk kemajuan sepak bola Indonesia kedepan,” harapnya.

Menpora mengatakan pihaknya juga bakal membantu PSSI untuk mencari pemain-pemain keturunan berkualitas lainnya.

Apalagi Timnas Indonesia juga telah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pelatih Shin Tae-yong juga sebelumnya mengatakan tak menutup kemungkinan dirinya bakal kembali mencari pemain keturunan lagi guna memperkuat Skuad Garuda.

“Kita telah melakukan berbagai dukungan untuk semua yang telah dirancang oleh PSSI dimana Kemenpora terus mensupport dan kedepan ini banyak juga pemain naturalisasi yang bergabung dengan timnas kita dan ini terus dimaksimalkan,” jelas Menpora.

Dorongan dari Kemenpora untuk timnas Indonesia dipastikan semaksimal mungkin melalui federasi.

Selain itu pemerintah juga telah membangun training center untuk cabor unggulan termasuk untuk sepak bola.

“Untuk dukungan infrastruktur pun kita telah membangun training center di IKN dan Cibubur namun untuk waktu dekat kita mendukung semua program yang dilakukan PSSI. Menpora juga berusaha menjaga chemistry yang terjalin di timnas saat ini dengan dipadukan dengan teknik pelatihan dari sang pelatih,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat