androidvodic.com

Jebolan Elite Pro Academy Dominasi Skuad Timnas Indonesia U-16: Persija Sumbang 3 Pemain - News

Pemain Jebolan EPA Dominasi Skuad Timnas Indonesia U-16

Abdul Majid/News

News, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto telah memilih sebanyak 23 pemain untuk perkuat Garuda Muda di Piala AFF U-16.

Lebih dari setengah daftar tersebut didominasi pemain jebolan EPA (Elite Pro Academy) Liga 1 2023/24.

Sebanyak 15 dari 23 pemain yang dipanggil bermain di kompetisi pemain usia muda yang dinaungi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

”Dari hasil pengumuman PSSI, kita bisa melihat sekitar 65,2 persen pemainnya berkompetisi di EPA Liga 1 2023/24,” ucap Manajer HPU (High Performance Unit) PT LIB, Ricky Nelson.

Dewa United U-16 jadi penyumbang pemain terbanyak dengan total tujuh pemain.

Rata-rata menit bermain yang mereka dapatkan sepanjang musim 2023/24 mencapai 652 menit. M Nur Ichsan yang berposisi sebagai kiper merupakan pemain dengan menit bermain terbanyak di klub, yakni 1002 menit.

Persija Jakarta U16 menyumbang tiga pemain.

Salah satu pemainnya, Fandi Ahmad Muzaki merupakan pemain kelahiran 2008 yang justru lebih sering mendapatkan jam terbang di kategori EPA Liga 1 U18 dan EPA Liga 1 U20.

Selain kedua klub itu, ada juga Bali United U16 dan Bhayangkara Presisi Indonesia U16 yang sama-sama menyumbang dua pemain. Terakhir, ada satu pemain dari Persis Solo U16.

Berdasarkan data-data tersebut, Ricky bangga banyak pemain jebolan EPA Liga 1 yang bisa menembus tim nasional.

Ia berharap, pencapaian tersebut bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan pada setiap pemanggilan pemain membela Garuda di dada.

”Oleh karena itu, kita berharap setiap klub bisa mempersiapkan diri lagi untuk menyambut kompetisi EPA Liga 1 2024/2025, sehingga banyak lagi pemain yang akan lahir dan bisa membela timnas Indonesia,” kata Ricky.

”Sekali lagi, selamat kepada pemain yang terpilih dan selamat bertanding," tutup Ricky.

Dalam ajang ini Indonesia tergabung ke dalam Grup A yang dihuni Laos, Filipina, dan Singapura.

Turnamen antara tim-tim Asia Tenggara ini akan digelar di Solo, Indonesia, pada 21 Juni – 4 Juli 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat