androidvodic.com

Daftar Tim Lolos Semifinal Euro 2024: Spanyol Kalah Tradisi, Jerman Hapus Rapor Merah 36 Tahun Silam - News

News - Daftar tim lolos semifinal Euro 2024 dapat diketahui setelah partai pembuka babak 4 besar antara Spanyol vs Jerman berlangsung. Timnas Jerman berpotensi jadi tim pertama lolos semifinal Euro 2024.

Super big match perempat final Euro 2024 antara Spanyol vs Jerman berlangsung di MHPArena, Jumat (5/7/2024) pukul 23.00 WIB.

Baik La Furia Roja dan Der Panzer memiliki peluang sama kuat untuk melaju ke fase selanjutnya. 

Hanya saja timnas Spanyol asuhan Luis de la Fuente tidak memiliki rapor bagus dalam menghadapi tim yang berstatus tuan rumah di turnamen major empat tahunan ini.

Bek Spanyol #03 Robin Le Normand menyundul bola melewati bek Georgia #04 Guram Kashia dan kiper #25 Giorgi Mamardashvili selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA Euro 2024 antara Spanyol dan Georgia di Stadion Cologne di Cologne pada 30 Juni 2024. (Photo by Alberto PIZZOLI / AFP)
Bek Spanyol #03 Robin Le Normand menyundul bola melewati bek Georgia #04 Guram Kashia dan kiper #25 Giorgi Mamardashvili selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA Euro 2024 antara Spanyol dan Georgia di Stadion Cologne di Cologne pada 30 Juni 2024. (Photo by Alberto PIZZOLI / AFP) (AFP/ALBERTO PIZZOLI)

Dirangkum dari laman Sportsmole, ada catatan buruk lainnya yang diciptakan Spanyol pada ajang Euro. La Furia Roja tidak pernah menang melawan tim tuan rumah dan bahkan mencetak gol saja tak mampu.

Spanyol cuma bermain imbang 0-0 melawan Italia pada Euro 1980. Pertemuan itu terjadi di fase grup dan Spanyol penghuni dasar klasemen.

Empat tahun berselang, Spanyol ke final untuk melawan Prancis selaku tuan rumah. Spanyol menelan kekalahan 0-2.

Spanyol melawan tuan rumah Jerman Barat pada Euro 1988 di fase grup. Spanyol menelan kekalahan 2-0 dan lagi-lagi gagal ke fase gugur.

Pada Euro 1996, Spanyol berhadapan dengan Inggris selaku tuan rumah. Spanyol tersingkir lewat adu penalti setelah hasil imbang 0-0 bertahan sampai tambahan waktu.

Terakhir kali Spanyol berhadapan dengan tuan rumah di ajang Euro 2004. Spanyol tumbang 0-1 melawan Portugal di babak grup dan gagal ke fase gugur.

Nah, Spanyol sudah tiga kali menjadi juara Euro. Satu diraih saat menjadi tuan rumah dan dua lainnya ketika tak bertemu tuan rumah.

Baca juga: Perempat Final Euro 2024 Portugal vs Prancis: Duel Bintang Beda Generasi, Ronaldo vs Mbappe

Kondisi ini juga menjadi catatan tersendiri bagi Spanyol. Jika mereka berhasil mengalahkan Jamal Musiala dkk, maka untuk kali pertama La Roja bisa mengalahkan tim tuan rumah gelaran Euro.

Di sisi lain, meski Jerman diuntungkan statistik minor Spanyol. Namun skuad asuhan Julian Nagelsmann juga perlu mawas diri.

Bagaimana tidak, tercatat timnas Jerman kesulitan setiap kali melawan Spanyol di turnamen major seperti Euro.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat