androidvodic.com

World Leaders on Facebook, Jokowi Peringkat Sembilan Pengikut Terbanyak - News

News, JAKARTA - Perdana Menteri India, Narendra Modi, adalah pemimpin dunia yang paling diikuti di Facebook dengan 40 juta pengikut (followers) di laman pribadinya.

Presiden Amerika Serikat, Donald J. Trump, berada di posisi kedua dengan 20 juta pengikut di laman pribadinya, berdasarkan data studi terbaru “World Leaders on Facebook” tahun 2017 dari firma kehumasan dan komunikasi global terkemuka, Burson-Marsteller.

Laman institusi dari Indian Premiere, PMO India, menempati urutan ketiga dengan 13 juta pengikut, diikuti oleh Ratu Rania dari Yordania di posisi empat dengan 10 juta pengikut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, masuk di posisi lima besar dengan 8 juta pengikut.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Presiden Indonesia Joko Widodo, masing-masing berada di peringkat kedelapan dan kesembilan.

Most leaders on facebook
Most leaders on facebook (Facebook)

Di Asia, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Indonesia Joko Widodo, Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, memiliki khalayak yang besar masing-masing dengan lebih dari 2 juta pengikut.

Perdana Menteri Kamboja memiliki peningkatan yang paling fenomenal pada laman Facebooknya, melihat angka miliknya meningkat empat kali lipat, dari 1,6 juta menjadi 6,5 juta pengikut dari tahun ke tahun.

Jumlah populasi negara memang menjadi faktor penentu besarnya jumlah pengikut, namun demikian Facebook telah membuka jalan dan memiliki kehadiran besari di negara-negara Asia, serta telah menjadi platform pilihan para pemimpin negara di Asia.

"Seri kedua studi The World Leaders on Facebook dari Burson-Marsteller menunjukkan efektivitas dari komunikasi politik di Facebook," ujar Don Baer, Worldwide Chair and CEO dari Burson-Marsteller dalam rilis yang disampaikan kepada News.

"Studi ini menawarkan pandangan menarik untuk melihat bagaimana pemimpin perusahaan mengambil pelajaran dari cara-cara pemimpin dunia menggunakan Facebook, salah satunya adalah dengan cara membawa nuansa pribadi dalam komunikasi mereka," kata dia.

Temuan Menarik Lainnya
Terhitung dari 1 Februari 2017, kombinasi semua pemimpin dunia memiliki total 311,093,076 pengikut. Di 2016, mereka mempublikasikan total 398.982 postingan, dengan 772.441.676 interaksi.

Beberapa penemuan menunjukkan bahwa, sementara lebih dari setengah postingan memiliki foto, postingan dengan video menarik banyak interaksi; 4.847 rata-rata, dibandingkan dengan 2.935 postingan foto.

47.739 video Facebook di laman pemimpin dunia tahun 2016 telah dilihat 2,5 miliar kali.

Laman Facebook Pemerintahan Ethiopia adalah yang tersibuk dengan rata-rata 29 posting per hari di 2016, menambahkan 10.000 post dalam setahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat