androidvodic.com

Data Penggunanya Dikabarkan Bocor ke Publik, Ini Kata Bos Clubhouse - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - Aplikasi Clubhouse dikabarkan telah mengalami kebocoran data 1,3 juta penggunanya, yang disebar dalam salah satu forum hacker online.

Data pengguna Clubhouse tersebut menampilkan identitas akun pengguna, nama asli, akun Twitter dan Instagram yang ditampilkan dalam format SQL.

Terkait hal tersebut CEO Clubhouse mengatakan, bahwa informasi tersebut adalah tidak benar dan menyesatkan. Menurutnya, artikel terkait informasi tersebut hanyalah clickbait untuk memancing pembaca dengan judul kontroversi.

"Kami tidak diretas, data yang ada di forum tersebut merupakan data yang tersedia pada profil pengguna di dalam aplikasi Clubhouse dan itu informasi publik," kata Paul dikutip dari Cyber News pada Selasa (13/4/2021).

Cyber News sendiri melaporkan, bahwa data yang dipublikasikan di dalam forum tersebut hanya sebatas identitas nama dan akun media sosial pengguna dan tidak ada informasi sensitif seperti nomor kartu kredit ataupun nomor identitas diri.

Baca juga: Mirip Clubhouse, Perusahaan Induk TikTok Siap-siap Bikin Aplikasi Audio Chat

Selain Clubhouse, data pengguna LinkedIn juga dikabarkan telah dipublikasi secara online namun hal ini sudah dibantah Microsoft.

Clubhouse sendiri pada awal tahun ini, menjadi aplikasi yang sangat populer di masyarakat. Aplikasi yang secara eksklusif ada di platform iOS ini pun mendapatkan perhatian masyarakat.

Baca juga: Tantang Clubhouse, Twitter Kembangkan Fitur Audio Chat Room Spaces untuk Pengguna Android

Menurut situs The Verge meski hanya diperuntukan untuk para pengguna iOS, aplikasi ini sudah meraih lebih dari 10 juta unduhan.

Kehadiran Clubhouse pun membuat media sosial lain seperti Twitter hingga Facebook, berlomba untuk mengembangkan aplikasi serupa sebagai pesaing.

Aplikasi Clubhouse sendiri merupakan media sosial yang berbasis audio, pengguna dapat mendengarkan orang lain berbicara tentang banyak hal dan aplikasi ini tidak menghadirkan komunikasi dua arah bila tidak diizinkan untuk menjadi speaker atau pembicara.

Terkini Lainnya

  • Selain Clubhouse, data pengguna LinkedIn juga dikabarkan telah dipublikasi secara online namun hal ini sudah dibantah Microsoft.

  • 550 Peserta Ikuti Kompetisi Garuda Hackathon 5.0 di Universitas Multimedia Nusantara

  • BERITA TERKINI

  • berita POPULER

  • Empat Mobil Lamborghini Akan Tersedia di PUBG Mobile

Tautan Sahabat