androidvodic.com

Platform Edutech Dukung Guru dan Siswa Maksimalkan Kegiatan Belajar Daring - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Implementasi pembelajaran tatap muka untuk tahun ajaran 2021/2022 yang semula direncanakan pada Juli 2021 masih dipertimbangkan karena kasus Covid-19 kembali meningkat di berbagai daerah.  

Business Strategy and Growth Senior Manager Quipper Indonesia Ruth Ayu Hapsari menuturkan bahwa apapun implementasi pembelajaran pihaknya akan terus berupaya untuk dapat mendukung dan memaksimalkan kegiatan belajar bagi guru dan siswa.

Quipper memberi layanan-layanan yang tersedia melalui konten pembelajaran yang berkualitas dan terjangkau untuk kegiatan belajar online maupun hybrid.

 “Menjelang tahun ajaran baru 2021/2022, sebagai penyedia layanan bimbingan belajar online terbaik, Quipper akan terus membantu para guru dan siswa supaya dapat terus memaksimalkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dengan memberikan layanan terbaik dan terjangkau agar para siswa dapat lebih semangat dan fokus meraih impian," tutur Ayu, Selasa (6/7/2021). 

Kendati demikian, untuk menanggulangi kekhawatiran pemerintah akan Learning Loss, hingga saat ini layanan belajar online masih dapat menjadi solusi utama karena kemudahan yang didapat oleh para guru dan siswa.

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Fundamental Pengguna, Aplikasi Belajar Ini Luncurkan Fitur Baru

Kegiatan belajar mengajar (KBM) online tentu juga dapat menjadi solusi atas kekhawatiran para orang tua dalam mengirimkan putra putrinya kembali ke sekolah. 

Pertimbangan lainnya adalah sekolah harus mempersiapkan dua alternatif untuk tetap memaksimalkan kegiatan belajar mengajar, yaitu penyelenggaraan untuk siswa yang lebih memilih PJJ atau PTM. 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menjelaskan Learning Loss atau kehilangan satu generasi yang tidak belajar sama sekali rentan terjadi selama pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Itu bisa terjadi mengingat infrastruktur dan fasilitas pendukung peserta didik yang berbeda-beda disetiap daerahnya," jelas Nadiem.

Lalu upaya seperti apakah yang dapat dilakukan oleh para pemain edutech Sebagai upaya untuk membantu sekolah memaksimalkan KBM, layanan QSP mendukung guru dari mulai tahap persiapan, pengimplementasian, hingga evaluasi penilaian hasil belajar. 

Baca juga: Kemendikbudristek: 7 Provinsi Wajib Terapkan PJJ Selama PPKM Darurat

Pada tahap persiapan/awal, Quipper menyediakan beberapa tes yang dapat diakses secara gratis diantaranya Tes Minat Bakat, Tes Gaya Belajar dan Tes Diagnostik untuk pemetaan minat serta kesiapan siswa dalam menyambut tahun ajaran mendatang. 

Kemudian, untuk mengoptimalkan proses KBM, guru dapat berinteraksi dengan siswa melalui Kelas Virtual dan pengiriman materi, tugas serta ujian online. 

Dengan Sistem Penilaian otomatis, guru dapat memperoleh hasil evaluasi belajar siswa secara terperinci melalui Laporan Statistik yang tersedia.

Terkini Lainnya

  • Quipper memberi layanan-layanan yang tersedia melalui konten pembelajaran yang berkualitas dan terjangkau untuk kegiatan belajar online maupun hybrid

  • 550 Peserta Ikuti Kompetisi Garuda Hackathon 5.0 di Universitas Multimedia Nusantara

  • BERITA TERKINI

  • berita POPULER

  • Empat Mobil Lamborghini Akan Tersedia di PUBG Mobile

Tautan Sahabat