androidvodic.com

Kisah Razka Nabillian, Konten Kreator Muda yang Gemar Berdonasi Makanan untuk Para Dhuafa - News

 
Laporan Wartawan News, Fandi Permana

News, JAKARTA - Menumbuhkan rasa peduli dan empati di saat masa pandemi Covid-19 sangatlah penting. Meski sulit, nyatanya gerakan sosial seperti berbagi donasi, pangan, nasi bungkus hingga donasi terbuka lainnya banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Kegiatan itu pula yang banyak dibagikan di berbagai konten media sosial sebagai saluran yang mampu memengaruhi banyak orang untuk melakukan hal serupa.

Seperti yang dilakukan Razka Nabillian Donald. Pemuda 21 tahun ini konsisten menggalakan donasi makanan sejak 1,5 tahun belakangan.

Di usia mudanya, sikap empati dan peduli terus ia tumbuhkan agar mereka yang membutuhkan bisa merasakan kebahagiaan melalui sekotak makanan.

“Saya mendengar keluhan para ojol, pedagang asongan, pekerja bangunan dan banyak lainnya dan ternyata banyak sekali cerita yang membuat saya sedih karena himpitan ekonomi yang mereka alami. Sehingga saat itu sebagai generasi milenial langsung tercetus untuk membagikan nasi bungkus saja dulu kepada mereka yang membutuhkan,” kata Razka kepada News, Selasa (26/10/2021).

Program rutin yang ia jalankan itu mulanya bernama berbagi nasi bungkus sejak bulan April 2020 saat awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Lambat laun, gerakan sosial Razka makin viral dan dikenal banyak masyarakat luas.

Baca juga: Kisah UMKM Teh Kewer: Hampir Dilupakan, Kini Jadi Primadona Desa Sukalaksana

Yang mengagumkan lagi, di usia semuda Razka sudah terpikir untuk saling membantu sesama. Tentu bukan hal yang mudah di usia seperti Razka bisa menggerakkan donasi yang ia sisihkan melalui uang pribadi.

Baca juga: Kisah 11 Anggota Keluarga di India Ditemukan Tewas Bunuh Diri, Diangkat Jadi Serial Dokumenter

“Berawal dari uang pribadi, lalu saya coba posting ke sosial media. Alhamdulillah responsnya sangat baik waktu itu, bahkan banyak pengusaha hingga artis yang menitipkan uang karena tidak bisa turun langsung ke jalan."

"Saya coba galang dana supaya lebih transparan dan memudahkan yang lain untuk bersedekah berapapun nominalnya,” tutur Razka.

Baca juga: Indro Warkop Cerita Detik-detik Meninggalnya Kasino: Tragis

Bermula dari gerakan kecil ini, Razka mulai kemudian berinisiatif untuk menggalang dana melalui akun media sosial instagramnya @razkanabillian.

Responnya pun positif, banyak kawannya yang sesama content creator mendukung gerakannya.

Tak hanya itu, banyak artis maupun selebgram yang turut membantu menyokong donasi agar gerakan sosial ini makin menyentuh bagi masyarakat yang kurang mampu.

Setelah dananya semakin banyak terkumpul, Razka pun memberanikan diri untuk membuka open campaign melalui kitabisa.com.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat