androidvodic.com

Bocoran Set Top Box TV Sudah Keluar, Kominfo Jamin Pembagian Tepat Sasaran - News

Laporan Wartawan News, Namira Yunia Lestanti

News, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan informatika Johnny G Plate resmi umumkan Set Top Box (STB) gratis tv digital siap didistribusikan kepada masyarakat.

Rencananya program ini akan dimulai pada 30 April hingga 2 November 2022 mendatang. Saat ini setidaknya sudah ada 3,2 juta STB yang siap dibagikan pada pelaksanaan ASO tahap pertama.

“Mengenai set top box, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, sebelum tahapan satu itu sudah dilakukan pembagian," jelas Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia.

Baca juga: Rata-rata Masyarakat Pinjam Online di Kisaran Rp 600 Ribu Hingga Rp 20 Juta

STB ini nantinya akan dibagiakan kepada 6,7 juta masyarakat miskin yang membutuhkan di 341 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia. Dalam pendistribusiannya ke masyarakat Kominfo akan menggandeng PT Pos Indonesia dan beberapa perusahan kurir.

Sebagai informasi STB ini berasal dari komitmen penyelenggara multipleksing dalam peraturan perundang-undangan. Sejauh ini sudah ada 4 juta unit STB telah terkumpul dari penyelenggara multipleksing.

Baca juga: Dapat STB Gratis, 6,7 Juta Rumah Tangga Miskin Bisa Nonton TV Digital di 2022

Sementara 3 juta unit lainnya akan diberikan pemerintah melalui pembiayaan APBN TA 2022. Namun sayangnya saat ini, baru tersedia 1 juta unit lantaran adanya keterbatasan fiskal.

Kominfo menjamin dalam pendistribusiannya nanti, SRTB gratis akan ditujukan pada keluarga yang tidak mampu membeli perangkat tambahan sehingga mereka bisa menyaksikan siaran digital.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat