androidvodic.com

Apple Jadi Pemakai Pertama Chip 3nm Buatan TSMC, untuk iPhone 14? - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, BEIJING – Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) sebagai produsen chip terkemuka, akan mulai mengirimkan pesanan chip 3nm ke Apple.

Dikutip dari Gizmochina, Selasa (23/8/2022) pengiriman tersebut juga menandai bahwa Apple merupakan konsumen pertama untuk produk chip 3nm buatan TSMC.

Menurut Apple, prosesor canggih itu tidak akan digunakan untuk seri iPhone 14 yang kabarnya akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Baca juga: Imbas Ketegangan Amerika dan China, Apple Berencana Pindahkan Produksi Iphone 14 ke India

Sementara itu, Apple akan menggunakan chipset A16 Bionic gen 4nm untuk iPhone 14 Pro, sedangkan untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Max akan menggunakan chipset A15 Bionic gen 5nm terakhir.

Chip 3nm baru yang dipesan Apple pada dasarnya akan digunakan untuk chipset PC generasi berikutnya, yaitu prosesor M2 Pro.

Di sisi lain, Apple kabarnya juga akan menggunakan chip 3nm buatan TSMC untuk iPhone 15 yang akan diluncurkan pada tahun 2023.

Berdasarkan apa yang dikatakan TSMC, chip FinFET 3nm nantinya dapat mengurangi konsumsi daya sebesar 25 hingga 30 persen, dibandingkan chip berbasis FinFET gen 5nm sebelumnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat