androidvodic.com

Setelah Berbulan-bulan Versi Beta, Android 13 Kini Hadir di Ponsel Google Pixel - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, CALIFORNIA - Google mengonfirmasi versi terbaru Android telah dirilis untuk ponsel Google Pixel.

Raksasa teknologi ini mengumumkan peluncuran tersebut pada pekan lalu. Android 13 versi publik diluncurkan setelah berbulan-bulan hadir dalam versi beta maupun preview.

Untuk saat ini, Android 13 tersedia di ponsel Google Pixel 6, 6a, 6 Pro, 5, 5a, 4 XL dan 4a.

Baca juga: Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus Tanpa Backup, untuk Android dan iOS

Sementara untuk perangkat dari Samsung, Motorola, OPPO, Xiaomi, Asus, Nokia dan lainnya, diharapkan akan mendapat pembaruan ini pada akhir tahun 2022.

Melansir dari Techcrunch, Android 13 hadir dengan versi terbaru dari bahasa desain antarmuka (UI) Material You, yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada Android 12.

Dengan peningkatan ini, pengguna dapat mencocokan aplikasi non-Google dengan tema dan warna wallpaper sesuai pilihan pengguna.

Dengan Android 13, Google menambahkan kemampuan untuk mengubah pengaturan bahasa per aplikasi, terlepas dari bahasa default sistem. Selain itu, sistem keamanan juga ditingkatkan agar aplikasi tidak mengambil data pengguna tanpa izin.

Sistem operasi seluler baru ini juga mempermudah pemindahan file antar perangkat Android, dengan kemampuan untuk menyalin gambar, teks, video atau URL di satu perangkat ke perangkat lainnya. Google juga mengungkapkan telah meningkatkan fitur Multitasking.

“Multitasking di tablet Anda menjadi lebih mudah dengan Android 13. Dengan taskbar yang baru diperbarui di tablet, Anda dapat melihat semua aplikasi Anda secara sekilas dan dengan mudah menarik dan melepas aplikasi apa pun di perpustakaan Anda ke mode layar terpisah.” kata raksasa teknologi ini.

Selanjutnya, fitur Bedtime Mode juga ditingkatkan sehingga nantinya secara otomatis akan meredupkan cahaya latar wallpaper dan dapat disesuaikan dengan Dark Mode.

Baca juga: Link Download Game Tower of Fantasy di Android, iOS, dan PC

Pemutar media juga mendapat peningkatan, dengan ponsel dapat menyesuaikan tema atau tampilan berdasarkan musik apa yang didengarkan pengguna.

"Misalnya, saat Anda mendengarkan musik, pemutar media menyoroti sampul album dan memiliki bilah pemutaran yang menari saat Anda maju melalui sebuah lagu," ujar Google.

Google juga telah mengubah pemberitahuan atau notifikasi di Android 13. Dengan pembaruan ini, tidak sembarang aplikasi dapat mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat menghapus notifikasi yang tidak penting atau mengganggu dengan mudah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat