androidvodic.com

Kebutuhan Internet Makin Beragam, Penyedai Layanan Siapkan Jaringan yang Makin Seamless - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Saat ini, perilaku masyarakat menggunakan internet berkembang pesat dan berubah tajam.

Penggunaan layanan internet kini sudah semakin melebar, tidak hanya untuk kebutuhan komunikasi dan hiburan konten tapi juga untuk kebutuhan di sektor lain seperti pendidikan, perdagangan, dan sebagainya.

“Bisnis kami di IndiHome juga telah berkembang pesat mulai dari digital connectivity, digital platform hingga digital entertainment,” kata Vice President Marketing Management Telkom Indonesia E. Kurniawan dalam Tech & Telco Outlook 2023 di Jakarta baru-baru ini.

Baca juga: Telkom Dukung Digitalisasi Perumda AM Padang Melalui Teknologi IoT Smart Water Meter Antares

Dia menjelaskan, layanan dan produk IndiHome juga bakal kian masif seiring perkembangan zaman dan meningkatnya kebutuhan masyarakat.

“Yang menjadi peluang dan tantangan sekarang adalah bagaimana IndiHome bisa memberikan layanan one-stop yang mudah digunakan. Jadi melalui IndiHome masyarakat bisa menikmati semua layanan,” kata E. Kurniawan.

Kurniawan mengatakan, perusahaannya juga akan melakukan diversifikasi produk dan layanannya dengan pendekatan segmentation oriented karena perkembanganannya perilaku masyarakat terhadap konsumsi internet sudah berubah.

Caranya, dengan mendatangkan banyak experience kepada penggunanya bermitra dengan giant tech company global dalam menyediakan infrastruktur hingga hiburan.

Dari sisi konsumen, mereka menuntut kecepatan internet yang tinggi. Selain itu kebutuhan masing-masing dari mereka juga amat berbeda.

Dia mencontohkan, pada segmen gamer misalnya sangat membutuhkan koneksi dengan latency yang amat minim. Begitu pula dengan para streamer yang memiliki kebutuhan ekstra kecepatan di waktu-waktu tertentu untuk mengupload kontennya.

Baca juga: Kolaborasi dengan Telkom, Honda Hadirkan Metaword

“Kami harus pastikan konektivitas kami bisa dinikmati semua orang dan terjangkau yang bisa menunjang aktivitas tanpa batasnya,” kata E. Kurniawan.

Karena itu pihaknya saat ini dan ke depan berupaya memenuhi semua layanan digital melalui platform IndiHome dan pelanggan punya keleluasaan memilih layanan apa saja yang dibutuhkan.

"Jadi hal itu akan lebih efisien karena kecepatan standar yang kami berikan saat ini sekitar 40 mbps sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan,” kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat