androidvodic.com

Kominfo Pantau Kekuatan Sinyal Operator Jelang Lebaran 2023 - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membeberkan persiapan jaringan telekomunikasi jelang Lebaran 2023.

Ketua Tim Pusat Monitoring Telekomunikasi Indra Priadi mengatakan, pihaknya bakal lakukan pemantauan kekuatan sinyal operator seluler mulai tiga atau dua pekan jelang mudik Hari Raya Idulfitri.

Baca juga: Jelang Ramadan dan Lebaran, Operator Telko Ini Perkuat Jaringan di Tol Lampung-Palembang

"Kami biasanya melakukan drive test sebelum acara mudik Lebaran di beberapa titik-titik jalur mudik dan di mana-mana titik keramaian aktivitas pada saat Lebaran. Itu biasanya kami lakukan drive test sekitar dua minggu atau tiga minggu, kemudian kami lihat hasilnya dan sampaikan ke operator untuk dilakukan optimasi," ujarnya di Gedung Kominfo, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Dengan menerapkan drive test tersebut, Kominfo mengklaim dapat memetakan wilayah mana saja dengan kekuatan sinyal kurang memadai untuk dioptimalkan.

"Di mana titik-titik yang masih blankspot atau blindspot itu terlihat dengan drive test kami," kata Indra.

Selain itu, Kominfo mengingatkan kepada pengguna telepon seluler untuk dapat mengunduh aplikasi Signal Monitoring (Sigmon) guna memantau kekuatan sinyal.

"Juga perlu disampaikan, kami saat ini punya aplikasi namanya Signal Monitoring, Sigmon itu bisa merekam data di mana titik-titik lokasi jelek dan itu kami kirim ke pusat monitoring. Lalu, itu langsung ticketing ke operator, jadi Sigmon itu kayak untuk mengecek kecepatan internet, kalau di bawah 1 mbps langsung otomatis ticketing ke operator, dan kami 24 jam termasuk Lebaran kami pantau," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat