androidvodic.com

Pandi Resmikan Kepengurusan Baru untuk Perkuat Domain .Id - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) meresmikan kepengurusan baru periode 2023-2027 pada Rapat Umum Anggota ke-XXV yang diselenggarakan di Bogor, Sabtu (6/5/2023).

Wahyoe Prawoto terpilih sebagai Ketua Dewan Pengawas PANDI periode 2023-2027 dan John Sihar Simanjuntak sebagai Ketua Dewan Pengurus PANDI periode 2023-2027.

“Amanah ini tentunya akan kami jalankan sebaik-baiknya dan tentunya kami akan berusaha semaksimal mungkin agar PANDI dapat mencapai target-target kinerja yang sudah dicanangkan ke depannya khususnya agar Domain .id menjadi tuan rumah di negeri sendiri mengalahkan gTLD (Generic Top-Level Domain) lainnya,” ungkap John Sihar Simanjuntak, Ketua Dewan Pengurus PANDI terpilih periode 2023-2027.

Baca juga: Wah, Harga Nama Domain .id Naik Mulai 1 April 2022

John mengatakan, PANDI ke depannya akan terus melanjutkan dan meningkatkan program kerja kepengurusan sebelumnya demi mencapai target-target yang telah ditetapkan.

“Tahun 2023 ini, PANDI akan terus melanjutkan beberapa langkah peningkatan infrastruktur demi meningkatkan layanan PANDI seperti penambahan node DNS, peningkatan infrastruktur Sistem Registri Mandiri (SRM) untuk menampung 2 juta Nama Domain, penetration test pada sistem dan aplikasi PANDI, penambahan perangkat firewall, dan lain-lain,” ujarnya dalam keterangan tertulis hari ini.

John juga menjelaskan, promosi domain .id akan terus dilakukan agar Nama Domain .id dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri mengalahkan gTLD (Generic Top-Level Domain) lainnya dan semakin eksis di dunia internasional.

“Tahun 2023, PANDI menargetkan pertumbuhan Nama Domain .id. Untuk mencapai hal ini, PANDI akan terus melakukan inovasi dan kolaborasi untuk memperkuat layanan domain .id dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan Nama Domain .id,” kata dia.

Untuk mendukung kegiatan branding, PANDI juga menyediakan inovasi berupa layanan link shortener, microsite s.id dan platform twib.id yang merupakan link shortener dan twibbon asli karya anak bangsa Indonesia.

“PANDI juga menyediakan link shortener, microsite s.id dan platform twib.id. Layanan ini bebas biaya sehingga masyarakat dapat memanfaatkan fitur layanan yang ada di s.id dan twib.id untuk melakukan promosi atau branding di dunia digital,” ujar John.

Wahyoe Prawoto, Ketua Dewan Pengawas PANDI terpilih periode 2023-2027 juga menekankan, banyak pekerjaan yang harus dilakukan ke depannya agar PANDI dapat semakin berkembang dan maju.

Baca juga: Domain .id Jadi ccTLD dengan Pertumbuhan Tertinggi di Dunia

“Banyak aspek yang harus diperhatikan agar PANDI dan Nama Domain .id dapat semakin maju dan dikenal luas, domestik dan dunia internasional, tentunya hal ini membutuhkan kerja keras bersama agar dapat mencapai target-target PANDI, khususnya agar jumlah Nama Domain .id yang masih berjumlah 741.937 per 30 April 2023, dapat mencapai pertumbuhan Nama Domain .id yang signifikan," ujarnya.

Susunan Kepengurusan PANDI Periode 2023-2027 :

Dewan Pengawas : Ketua
Anggota :
: Wahyoe Prawoto
Andi Budimansyah
Helni Mutiarsih Jumhur

Dewan Pengurus : Ketua
Sekretaris
Bendahara
Anggota :
John Sihar Simanjuntak
Yudho Giri Sucahyo
A.M. Natsir Amal
Aidil Chendramata
Muhammad Arif

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat