androidvodic.com

Inovasi di Bidang AI Diyakini Dapat Mendorong Efisiensi dan Produktivitas - News

News, JAKARTA - Sektor Customer Experience (CX) di Indonesia tengah mengalami transformasi signifikan.

Teknologi terbaru seperti chatbot, talkbot, dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), telah membawa efisiensi baru ke dalam sektor CX.

Praktik penggunaan talkbot juga saat ini semakin meluas, di mana talkbot banyak digunakan di industri fintech. Misalnya, untuk mengingatkan pembayaran kartu kredit, melakukan penagihan, dan layanan lainnya.

Baca juga: Inovasi Dash Cam dengan Teknologi AI Ada di IIMS 2024

Vice President Director PT Transcosmos Indonesia, Ardi Sudarto, mengatakan, penerapan teknologi seperti talkbot dalam strategi CX membuktikan inovasi di bidang artificial intelligence (AI) dapat menjadi pendorong efisiensi dan produktivitas.

"Melalui teknologi ini, perusahaan dapat mengoptimalkan operasionalnya, memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan pada akhirnya menciptakan fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan di tengah persaingan yang ketat," kata Ardhi ditulis Senin (18/3/2024).

Dalam hal perkembangan teknologi, kata Ardhi, ada beberapa tren yang diantisipasi akan membentuk industri elektronik maupun sektor lainnya di masa depan.

Perkembangan teknologi, seperti IoT (internet of things), voice assistant, dan personalisasi berbasis data, akan semakin populer dan membuka peluang untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih mendalam.

Ia menyebut, integrasi IoT memungkinkan informasi real-time tentang produk, voice assistant akan meningkatkan layanan pelanggan, dan personalisasi berbasis data akan memberikan pengalaman yang lebih relevan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat