androidvodic.com

Ingin Wisata Edukasi Saat di Bali? Datang Saja ke Puri Agung Jro Kuta, Denpasar - News

Laporan Wartawan Tribun Bali, Cisilia Agustina S

News, DENPASAR – Kota Denpasar punya banyak pilihan tempat wisata yang mudah dijangkau dan memiliki unsur edukasi.

Selain museum, satu di antaranya adalah Puri Agung Jro Kuta.

Berdiri sejak abad ke-18 Masehi, Puri Agung Jro Kuta hingga kini masih tampak kokoh dan menjadi satu di antara bangunan bersejarah di Kota Denpasar.

Letaknya yang berada di Jalan Soetomo No 38 Denpasar, Bali, dapat ditempuh dalam jarak satu kilometer dari pusat kota Denpasar.

Saat ini, Puri yang dihuni delapan unit Kepala Keluarga yang merupakan keturunan langsung dari Raja, ini menjadi destinasi city tour yang dicanangkan Pemerintah Kota Denpasar.

Dikelilingi oleh pohon-pohon yang masih cukup rindang di area halaman, tempat ini bisa menjadi alternatif wisata santai tapi cukup memberikan edukasi.

“Sebenarnya sudah ada wacana dari dulu, sekitar 10 tahun yang lalu, oleh wali kota terdahulu. Namun tertunda, hingga dilanjutkan wali kota sekarang, Pak Rai Mantra,” ujar Manu Raditya, satu di antara penghuni Puri Jro Kuta.

Rekam jejak yang menjadi bagian dari sejarah Puri Jro Kuta pun masih tampak hingga saat ini.

bikin sesajen
Aktivitas membuat sesajen di Puri Jro Kuta. (Tribun Bali/Cisilia)

Walaupun dilakukan beberapa pemugaran untuk bagian-bagian yang sudah benar-benar rusak, dari segi tata letaknya, masih dipertahankan seperti awal didirikan.

Kawasan Puri Jro Kuta, tempat ini terbagi menjadi empat area utama.

Yakni, pintu masuk ke area Puri yang diberi nama Jaba Ancak Saji kemudian pintu masuk ke halaman dua Puri, yakni Jaba Tengah.

Bagian berikutnya, Jaba Tandeng atau tempat digelarnya pertunjukkan kesenian.

Terkini Lainnya

  • Wisata Bali

  • Berdiri sejak abad ke-18 Masehi, Puri Agung Jro Kuta hingga kini masih tampak kokoh dan menjadi satu di antara bangunan bersejarah di Kota Denpasar.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat