androidvodic.com

5 Fakta Kehidupan Suku Asmat yang Ramai Diperbincangkan Karena Kontroversi Aksi Zaadit Taqwa - News

(TribunTravel.com/Rizky Tyas Febriani)

News - Aksi memberi kartu kuning kepada Presiden Joko Widodo oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) masih menjadi sorotan masyaratan Indonesia.

Kejadian itu bermula ketika Jokowi hadir di acara Dies Natalis ke-68 UI.

Tiba-tiba saja, ketua BEM UI, Zaadit Taqwa berdiri dan mengangkat tangannya sambil menunjukkan 'kartu kuning' kepada presiden.

 Zaadit Taqwa mengaku melakukan hal tersebut sebagai bentuk peringatan atas berbagai masalah yang terjadi di dalam negeri.

"Sudah seharusnya Presiden Joko Widodo diberi peringatan untuk melakukan evaluasi di tahun keempatnya” kata Zaadit kepada Kompas.com, Jumat (2/2/2018).

Zaadit mengatakan, dalam tahun keempat pemerintahan Jokowi, ada sejumlah hal yang menjadi sorotan BEM UI.

Masalah tersebut di antaranya isu gizi buruk di Asmat, isu penghidupan kembali dwifungsi Polri/TNI, dan penerapan peraturan baru organisasi mahasiswa.

Seperti yang selama ini kita tahu, Asmat adalah satu di antara banyak suku di Indonesia yang mendiami wilayah terpencil sepanjang pantai barat Papua.

Asmat dalam bahasa setempat artinya 'orang pohon', dan mereka menyebut diri sebagai Asmat-wo (orang nyata) menurut Peter dan Kathleen Van Arsdale dalam Ensiklopedia Budaya Dunia, Oceania diedit oleh Terence Hays, (GK Hall & Company, 1991).

Dalam jurnal ini, Asmat dikatakan sebagai sekelompok mantan kanibal dan pemburu kepala hingga tahun 1980-an.

Sejak munculnya kritikan atas berbagai masalah di Asmat, masyarakat Indonesia pasti bertanya-tanya, "bagaimana dan seperti apa kehidupan suku Asmat?"

Dirangkum TribunTravel dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta tentang Suku Asmat yang mendiami bagian paling Timur dari Indonesia.

Halaman Selengkapnya >

Terkini Lainnya

  • Sejak munculnya kritikan atas berbagai masalah di Asmat, masyarakat Indonesia pasti bertanya-tanya, "bagaimana dan seperti apa kehidupan suku Asmat?"

  • VIDEO Sensasi Makan Teppanyaki Sambil Lihat Atraksi Chef Fireshow

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat