androidvodic.com

Gelar Festival Kuliner di Samarinda, UKM Bogasari Siapkan 3.000 Porsi Mie dan 3.000 Jajajan - News

News -- Untuk yang pertama kalinya, PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari menggelar festival kuliner UKM di Kota Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur. Perhelatan kuliner yang bernama Festival Mie dan Wadai Samarinda ini akan berlangsung di GOR Segiri, Minggu (24/11/2019) .

“Ini sesuai dengan janji Bogasari saat penyelenggaraan Gelegar Bogasari Mitra Card (BMC) bulan Agustus lalu. Ini juga sekaligus apresiasi Bogasari terhadap pertumbuhan usaha UKM dan pasar terigu Bogasari di wilayah Kalimantan Timur,” ucap Yuni Hariadi Manager Pemasaran Bogasari wilayah Pulau Kalimantan, dalam siaran pers kepada wartawan.

Samarinda menjadi kota ke-12 Festival Mie Bogasari 2019. Uniknya di Samarinda ini melibatkan 4 komunitas UKM binaan Bogasari yakni, Paguyuban Wadai Nusantara, Paguyuban Kampung Untuk-Untuk, Paguyuban Mie Ayam Pesut, dan Paguyuban Wadah Wadai yang belum lama dibentuk.

Banyaknya paguyuban UKM ini mengindikasikan potensi usaha makanan berbasis terigu di wilayah Samarinda dan kota lainnya di Kalimantan Timur.

Baca: Ada Renovasi, Bandara APT Pranoto Samarinda Akan Ditutup 25 Hari

Baca: Bocah 3 Tahun Tergolek Tanpa Busana Tak Bisa Bergerak, Disiksa Ibu Kandung Gegara Mirip Eks Suami

Saat ini, konsumsi terigu secara provinsi di Kalimantan Timur sudah mencapai sekitar 4 ribu metrik ton per bulannya. Konsumsi per tahun naik sekitar 5-7 %. Dari jumlah tersebut, sekitar 60% pasar sudah dikuasai Bogasari.

Lebih jauh Yuni menjelaskan, Kalimantan Timur merupakan kota ke-2 terbesar di wilayah pulau Kalimantan untuk pertumbuhan usaha UKM setelah Kalimantan Barat.

“Sampai saat ini, total UKM yang sudah menjadi anggota BMC sudah mencapai sekitar 2.300 UKM. Dari jumlah tersebut, sekitar 700 berlokasi usaha di Kalimantan Timur dan 50% nya di wilayah Samarinda,” ucap Yuni.

Atas pertimbangan itulah Bogasari memilih Samarinda sebagai satu dari 15 kota penyelenggaraan Festival Mie Bogasari 2019.

Pada festival di Mie dan Wadai Samarinda ini, 30 penjaja mei ayam akan menyediakan 3 ribu porsi mie ayam dengan harga spesial Rp 5 ribu per porsi. Namun akan disiapkan cadangan sekitar 300 porsi sebagai cadangan tapi dengan harga normal.

Sementara itu, sebanyak 20 UKM aneka jajanan akan menyiapkan minimal 150 paket produk dan dengan harga spesial Rp 5 ribu. “Jadi ini merupakan upaya dalam mendekatkan produk UKM kepada masyarakat. Pokoknya dijamin seru,” ucap Yuni.

Para UKM mitra binaan Bogasari yang akan terlibat antara lain UKM Molen Prawira, Bakpao Arema, Bakpao Tepian, Gorengan Karang Paci, Roti Bahari Samarinda, UKM Wadai Keroncong Khas Tenggarong, Cakue Panda dan masih banyak lagi.

Sama dengan di kota lainya, dalam Festival Mie dan Wadai Samarinda ini juga digelar berbagai lomba antara lain Lomba Makan Mie Tercepat, Lomba Stan Mie Terbaik, dan Lomba Stan Wadai Terbaik. Bahkan pengunjung berkesempatan untuk meraih hadiah doorprize berupa barang-barang elektronik.

Sementara itu, festival kuliner yang digelar Bogasari di tahun 2019 ini juga sudah berlangsung di kota-kota lainnya. Antara lain, Madiun, Jambi, Sidoarjo, Malang, Semarang, Solo, Kuningan, Bogor, Purwakarta, Palembang, dan Mataram. (*)

Terkini Lainnya

  • Banyaknya paguyuban UKM ini mengindikasikan potensi usaha makanan berbasis terigu di wilayah Samarinda dan kota lainnya

  • ASTON Kartika Grogol Sambut Kehadiran Menteri Ketenagakerjaan dalam Kegiatan Sarasehan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat