androidvodic.com

Inovasi Kuliner Wagyu Melon, Buah Semangka Kini Bisa Diolah Jadi Steak Enak yang Yummy - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Industri food and beverages (F&B) kini semakin berkembang dengan dilahirkannya berbagai inovasi teknologi pangan dalam dunia kuliner.

Satu diantara inovasi tersebut adalah penggunaan buah semangka sebagai bahan dasar alternatif dalam membuat menu western seperti steak.

Dikutip dari laman www.tastingtable.com, Sabtu (27/8/2022), saat ini semangka digunakan oleh chef yang berfokus pada menu vegan sebagai salah satu alternatif pengganti daging atau bahan dasar makanan sehat plant-based.

Penggunaana buah ini merupakan inovasi yang tidak terduga, namun sangat jenius karena semangka menyerap rasa secara baik dan saat dimasak, tekstur san rasanya dapat diubah dari berair dan manis menjadi kenyal dan gurih.

Tekstur, rasa dan warna pink pada buah semangka mampu meniru tekstur warna yang dimiliki daging merah.

Apakah tren inovatif ini sudah masuk ke Indonesia ?

Saat ini di Indonesia, tren semangka yang diubah menjadi menu makanan sehat plant-based telah diperkenalkan brand Jatuhcintah yang dimiliki Health and Beauty Expert sekaligus pemilik brand Jatuhcintah, dr. Abelina Dini Fitria, Dipl. AAAM. MM. MARS.

Rekan bisnis dr. Abelina, William Andersen pun menjelaskan alasan dibalik pemilihan semangka untuk diolah menjadi wagyu melon steak.

Ia mengatakan, awalnya dirinya mencoba mengolah steak dari beberapa jenis buah seperti pepaya hingga apel.

Namun tidak ada yang memiliki tekstur dan tingkat kekenyalan seperti yang dimiliki semangka.

Baca juga: Kenali Manfaat Minyak Biji Semangka untuk Kecantikan, Bisa Atasi Jerawat?

"(Semangka) teksturnya itu jadi chewy, saya udah coba buah lain tapi tekstur akhirnya tidak chewy, pepaya dan apel juga pernah coba. Tapi semangka yang paling chewy," jelas William di Batisserie, ASHTA District 8, Jakarta Selatan, Jumat (26/8/2022).

Terkait proses pengolahan semangka menjadi daging steak plant-based ini pun agak rumit.

Karena langkah awal dalam menyulap semangka menjadi menu western itu adalah harus melewati proses roasted selama 3 jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat