androidvodic.com

Seleksi Ketat dan Pegang Target Jangka Panjang, Cerita Abraham Hendrata Soal Bisnis Waralabanya - News

News, JAKARTA - Ada berbagai bisnis yang kini digeluti banyak orang, satu di antaranya yang populer adalah waralaba atau dikenal pula sebagai franchise.

Ada daya tarik yang jelas untuk memulai bisnis dengan membeli waralaba, karena ini diklaim sebagai bukti model sukses yang telah berjalan.

Bisnis waralaba biasanya identik dengan harga yang mahal, namun tidak dengan yang diterapkan resto 8Spices yang menawarkan bisnis waralaba makanan nasi bakar dan ayam penyet dengan harga terjangkau.

Pendiri 8Spices Abraham Hendrata mengatakan, restorannya mengandalkan berbagai macam jenis nasi bakar dan ayam penyet.

Didirikan pada 2010 dan menempati lokasi di sebuah gang di dekat kampus Bina Nusantara Kemanggisan, Jakarta Barat, target awal restoran ini adalah mahasiswa dan pekerja kantoran.

Namun seiring perjalanan waktu, mulai banyak orderan yang masuk, termasuk dari kantor pemerintahan.

"Yang kami sajikan lauknya ada diluar nasi bakar bukan di dalam seperti nasi bakar pada umumnya, jadi dipastikan customer merasa kenyang," kata Abraham yang biasa dipanggil Abe, dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (22/3/2023).

Lulusan dari Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, jurusan room division management ini mengaku belajar bisnis makanan dari sang kakak Suryanto Wijaya yang lebih dulu memiliki rumah makan dan juga dari ibunya yang juga hobi memasak.

Saat kali pertama memutuskan untuk membuka rumah makan sendiri, ia meminjam uang dari bank sebesar Rp 45 juta.

"Baru pada 2017, 8Spices bisa membuka cabang kedua dan pada 2021 mulai membuka bisnis waralaba," tutur Abe.

Saat ini, restoran ini telah memilik enam cabang yaitu di Kemanggisan, Living World Alam Sutera, Cengkareng, Pantai Indah Kapuk, Green Lake City dan di Bangka Belitung.

Target jangka pendek yang ingin dicapai, kata dia, adalah membuka lebih banyak lagi franchise atau waralaba.

Namun ia tidak ingin latah seperti waralaba lain yang membuka banyak cabang.

"Kami ingin buka waralaba lagi tapi mungkin tidak akan terlalu banyak, jadi akan kami seleksi lebih ketat. Lalu target jangka panjang saya adalah gerai 8Spices ada di seluruh Indonesia," pungkas Abe.

Baca juga: Resep Ayam Penyet Sambal Mangga Ini Pedas dan Asemnya Bikin Auto Tambah Nasi

Kini, Abe dibantu oleh istrinya Martha Feberine dalam menjalankan bisnis ini, mereka berharap bisa ekspansi lebih banyak lagi pada tahun ini.

Terkini Lainnya

  • Ada daya tarik yang jelas untuk memulai bisnis dengan membeli waralaba, karena ini diklaim sebagai bukti model sukses yang telah berjalan.

  • ASTON Kartika Grogol Sambut Kehadiran Menteri Ketenagakerjaan dalam Kegiatan Sarasehan

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat