androidvodic.com

2,3 Juta Wisatawan Indonesia Pelesir ke Singapura Sepanjang 2023, Terbanyak Dibanding Negara Lain - News

News, JAKARTA - Turis dari Indonesia menjadi wisatawan terbanyak yang melancong ke Singapura sepanjang 2023 lalu.

Singapore Tourism Board (STB) atau Badan Pariwisata Singapura mencatat ada 2,3 juta wisatawan asal Indonesia yang berpelesir ke Singapura sepanjang 2023 lalu.

Jumlah itu jauh lebih banyak dibanding turis asal Tiongkok yang mencapai 1,4 juta orang dan turis asal Malaysia sebanyak 1,1 juta orang.

"2,3 juta turis Indonesia mengunjungi Singapura pada tahun 2023 adalah jumlah wisatawan tertinggi dibanding wisatawan dari negara lain. Jadi yang terbanyak di tahun lalu adalah dari Indonesia," kata Hafez Marican, Area Director Singapore Tourism Board di salah satu hotel di Jakarta Pusat, Selasa, 26 Maret 2024.

Hafez juga membeberkan, dari 2,3 juta turis Indonesia yang melancong ke Negeri Singa itu sebagian besar berasal dari tiga daerah yaitu Jakarta, Surabaya, dan Kepulauan Riau yang jaraknya cukup dekat dengan Singapura.

"Wisatawan dari Indonesia banyak yang menghadiri berbagai event di Singapura, seperti baru-baru ini konser Taylor Swift yang banyak ditonton warga Indonesia. Kami melihat bahwa Singapura tetap menjadi tujuan wisata dan bisnis yang menarik bagi warga Indonesia," kata Executive Director Singapore Tourism Board South East Asia, Terrence Voon.

Patung Merlion difoto di Marina Bay di Singapura pada 24 April 2023. (Roslan RAHMAN / AFP)
Patung Merlion difoto di Marina Bay di Singapura pada 24 April 2023. (Roslan RAHMAN / AFP) (Roslan RAHMAN / AFP)

Baca juga: Indonesia ambil alih ruang udara Natuna di Kepri dari Singapura, apa artinya bagi penerbangan Indonesia?

"Indonesia adalah pasar utama dan penting bagi Singapura, dan kami akan terus membina dan memperkuat kemitraan dengan para pemangku kepentingan industri untuk mendorong pertumbuhan pariwisata,” imbuhnya.

Secara keseluruhan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Singapura pada 2023 lalu angkanya mencapai 74 persen dari total wisatawan pada tahun 2019 sebagai angka tertinggi dalam sejarah pariwisata Singapura.

Hafez mengatakan tahun ini Singapore Tourism Board menargetkan bisa menarik lebih banyak lagi wisatawan dari luar negeri untuk datang ke Singapura.

Untuk itu, lebih menarik perhatian wisatawan, STB meluncurkan kampanye pemasaran global terbarunya bertajuk "Made in Singapore".

"Kampanye terbaru ini untuk menarik perhatian para wisatawan dan menginspirasi mereka untuk memilih Singapura sebagai tujuan wisata berikutnya, dengan fokus pada bagaimana Singapura mengubah momen sehari-hari menjadi pengalaman yang luar biasa bagi para wisatawan,” kata Indriati Permanasari, Manager Indonesia Area Group STB.

Baca juga: Tahun 2023 Sukses Gaet 2,3 Juta Turis RI, Begini Strategi Singapura Tarik Turis Indonesia di 2024

Ilustrasi berwisata di Singapura.
Ilustrasi berwisata di Singapura. (Shutterstock)

Indriati mengatakan dengan kampanye "Made in Singapore", STB ingin menghadirkan pengalaman unik yang hanya ada di Singapura kepada para wisatawan.

Selama ini sudah ada sejumlah destinasi wisata di Singapura yang telah mendunia dan karib bagi masyarakat Indonesia, mulai dari Jewel Changi yang merupakan air terjun indoor tertinggi di dunia.

Kemudian ada Marina Bay Sands, Garden by The Bay, Universal Studio Singapore, Genting Dream Destination Cruises, Trifecta, SEA Oceanarium, Bird Paradise, dan destinasi lainnya.

Ke depannya, kata Indriati, akan ada sejumlah destinasi wisata dan wahana baru serta event yang sedang untuk para wisatawan dari berbagai negara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat