androidvodic.com

Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Hadirkan Konsep Keberlanjutan dan Kurangi Pencemaran - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA - Sejak tahun 2020 Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square telah menetapkan komitmen penuh untuk berkontribusi terhadap sustainability program atau program keberlanjutan secara menyeluruh.

Mulai dari operasional, pengalaman menginap dan bersantap tamu, maupun komitmen staf menjalani pekerjaan sehari-hari untuk mencegah dan mengurangi pencemaran lingkungan.

Leader Sustainability Hospitality Novotel Mangga Dua Square Jakarta, Anastasya Ayudia, menerangkan, adapun transformasi program berkelanjutan ini meliputi program operasional menginap (Sustainable Stays), program perputaran siklus untuk makanan (Responsible Food Cycle), program berkelanjutan untuk staff, dan pedoman keberlanjutan untuk bepergian (Sustainability Explore).

"Para tamu bisa merasakan pengalaman menginap (Sustainable Stays) tanpa ada satupun plastik satu kali pakai di area hotel," tutur perempuan yang disapa Dea dalam acara "Sustainability in Mind" Selasa (30/4/2024).

Kemudian manajemen juga mengurangi konsumsi energi dan air dengan hanya menyediakan amenities terbatas di dalam kamar yang di sesuaikan dengan kebutuhan tamu.

Program perputaran siklus untuk makanan (Responsible Food Cycle) juga tidak kalah pentingnya.

Hotel telah menerapkan optimasi mulai dari sistem pengolahan bahan makanan di perkebunan/peternakan, distribusi vendor, menyajikan makanan ke para tamu, hingga pengolahan sampah makanan guna melakukan kontrol dan memperbaiki siklus perputaran makanan.

Optimasi sistem pengolahan bahan makanan yang dilakukan oleh para produsen yaitu, petani, peternak, dan distributor vendor harus memiliki sistem yang bertanggung jawab dan menerapkan keseimbangan ekosistem, seperti tidak memberikan pestisida atau memberikan obat vaksin bagi hewan yang berlebihan.

"Edukasi pentingnya untuk makan secara bijak sesuai dengan porsi juga kami lakukan untuk para tamu, sehingga bisa mengurangi sampah makanan. Setelah makanan selesei disajikan, tim dari kitchen melakukan pengolahan kembali yaitu memisahkan makanan yang masih layak untuk bisa di donasikan, memisahkan sampah sayuran dan buah-buahan untuk bisa diolah kembali menjadi pupuk organik di urban garden kami," ungkap dia.

Hotel yang dikelola oleh Accor ini juga mengolah bahan makanan organik hasil dari hotel yang ditanam sendiri.

Hotel memiliki area taman dan urban garden yang difungsikan secara langsung untuk bisa mendukung penyediaan bahan makanan.

Baca juga: Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Kembangkan Pertanian Organik Berkonsep Urban Garden

Selain itu, hotel juga menawarkan menu makanan organic yang sehat dan lezat, Novotel Jakarta Mangga Dua Square memperkenalkan microgreens menu a la carte, tersedia 5 menu andalan, Tuna Salad, Vegan Salad, Omega 3, Beef Salad, dan Chicken Salad.

5 menu tersebut memiliki bahan dasar sayuran organik yang diolah secara baik dan sempurna di padukan dengan microgreens yang memiliki banyak manfaat, dan semakin lezat dengan tambahan topping protein, yaitu pilihan ayam, daging, telur, atau ikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat