androidvodic.com

Ingin Bepergian ke Luar Kota? Kereta Api Ekonomi Premium Bisa Menjadi Pilihan yang Nyaman - News

News - Jika Anda menyukai bepergian dengan kereta api kelas ekonomi dengan segala kelebihan dan kondisinya, bagaimana bila kereta ekonomi premium yang menghiasi perjalanan Anda? Pasti Anda akan lebih menyukainya! Namun, sebelum membeli tiket kereta api ekonomi premium untuk perjalanan Anda, ada baiknya mengetahui perbedaan antara Kereta Api Ekonomi Premium dan Kereta Ekonomi untuk membayangkan kenyamanannya.

Perbedaan Kereta Api Ekonomi dan Kereta Ekonomi Premium

Kereta api ekonomi dan kereta ekonomi premium merupakan dua kelas kereta api yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI untuk melayani perjalanan jarak jauh. Terdapat beberapa perbedaan mendasar antara kedua kelas ini, yaitu:

Kapasitas dan Formasi Kursinya Berbeda

Jika Anda sering naik kereta api kelas ekonomi, pasti tahu kalau formasi kursinya 2-2 dan 3-3 dengan saling berhadapan antar penumpang dalam satu gerbong. Biasanya formasi ini mudah ditemukan di kereta api kelas ekonomi lokal dan jarak jauh. Kelas ekonomi memiliki kapasitas kursi terbanyak, yaitu 106 kursi.

Baca juga: Tiket Kereta Api Go Show Resmi Naik Per Mei 2024, Ini Daftar Harga Terbarunya

Berbeda dengan kereta api kelas ekonomi premium. Kelas ini adalah perwujudan penyempurnaan wajah baru kelas ekonomi. Formasi dalam satu gerbong adalah 2-2, tapi ada yang arahnya berlawanan dengan laju kereta, ada yang sejalan dengan lajur kereta. Beruntungnya, Anda sebagai pengguna atau penumpang tidak akan saling berhadapan.

Sandaran Kursi Berbeda

Sudah sangat jelas kalau kursi kelas ekonomi sandarannya tegak. Bagi Anda pengguna/penumpang kereta api kelas ekonomi pasti pernah merasakan. Mungkin,  untuk perjalanan dekat tentu hal ini tidak masalah, tapi akan jadi masalah buat Anda yang melakukan perjalanan jauh. Belum lagi, kursi kereta api kelas ekonomi tidak ada arm rest untuk yang duduk di tengah pada formasi kursi 3-3.

Kabar baiknya untuk kereta api kelas ekonomi premium sandaran kursinya sudah nyaman. Hal ini karena ada fasilitas reclining seat dan arm rest. Jadi, kursinya bisa diatur buat rebahan dengan tingkat kemiringan yang bisa disesuaikan kenyamanan Anda, dengan sandaran tangan yang bikin nyaman. Satu lagi, karena tidak saling berhadapan, kaki jadi lebih nyaman dan tidak mudah pegal. Tapi hal ini tidak berlaku untuk formasi kursi 3-3 di bagian tengah.

Harga yang Berbeda

Kereta api kelas ekonomi tentunya berbeda dari segi harga dan fasilitas dengan kereta kelas ekonomi premium. Jika kereta api kelas ekonomi jarak dekat dan jauh berkisar antara belasan ribu hingga paling maksimal seratus ribu. Berbeda dengan kereta api kelas ekonomi premium, harganya berkisar antara 200 ribuan hingga 400 ribuan.

Hal ini juga berpengaruh dengan fasilitas di dalamnya. Walau masih sama-sama terdapat fasilitas AC, meja kecil tempat meletakkan minuman, steker, kabin, dan toilet, jika Anda membeli tiket kereta api kelas ekonomi premium, akan mendapatkan fasilitas tambahan berupa TV dan rolling blind di setiap gerbong. Rolling blind ini penting tentunya bagi Anda yang tidak suka silau sinar matahari, tapi tetap ingin menikmati panorama selama perjalanan. Ada sih pengganti rolling blind di kereta api kelas ekonomi, tapi tirai kain.

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Naik Kereta Api untuk Ibu Hamil

Kode Pemesanannya Berbeda

Perhatikan saat Anda membeli tiket kereta api,  walaupun sama-sama kelas ekonomi, namun di antara keduanya ada perbedaan. Khusus untuk tiket kereta api kelas ekonomi, kodenya adalah EKOxx sebagai penanda kelas ekonomi reguler. Sedangkan tiket kereta api kelas ekonomi premium, kodenya adalah PRExx.

Anda tentu saja tidak bisa melihat kode ini pada saat memesan di menu awal secara online. Tapi, saat menentukan kursi, kode ini baru akan terlihat melalui keterangan kelas ekonomi reguler dan premium. Lalu kode C, CA, dan lainnya adalah penanda perbedaan harga.

Bagaimana? Anda tertarik membeli tiket kereta ekonomi premium? Kereta ini cocok bagi Anda yang menginginkan kenyamanan lebih selama perjalanan, seperti duduk lebih leluasa, tidur dengan nyaman, dan menggunakan Wi-Fi. Jadi, harap diingat ya saat membeli tiket kereta api kelas ekonomi dan tiket kereta api kelas ekonomi premium, sesuaikan dengan budget dan preferensi yang Anda inginkan. (*)

Baca juga: KAI Hadirkan Program Amazing Trip Experience di KA Argo Wilis Rute Bandung - Yogyakarta Hari Ini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat