androidvodic.com

Berburu Kuliner Cirebon Saat Long Weekend Idul Adha dari Rujak Gamel Hingga Es Cuwing - News

News, JAKARTA - Bingung menghabiskan long weekend Idul Adha? Kota Cirebon di Jawa Barat bisa menjadi tujuan menghabiskan libur panjang bersama keluarga dan mencoba berbagai macam kuliner legendaris khas Kota Udang.

Baca juga: Mencicipi Kuliner di Depan Pintu 333 Masjid Nabawi, Buka 24 Jam, Ada Lontong Hingga Ketoprak

Hanya kurang lebih tiga jam dari Jakarta, Kota Cirebon menjadi salah satu alternatif kota yang dapat dikunjungi untuk berlibur di long weekend kali ini. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam kuliner khas Cirebon hingga mengunjungi lokasi wisata yang sedang hits di Kota Cirebon.

Berikut kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Cirebon:

1. Nasi Jamblang Mang Dul adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang bisa dicoba oleh wisatawan. Nasi yang dengan isian lauk seperti ikan, ayam, tauco ataupun tahu tempe dengan sambal khas Cirebon dan dibungkus menggunakan daun jati yang membuat aromanya khas dan wangi. Ketika terdengar kota Cirebon, Empal Gentong akan selalu terngiang di kepala. Dengan sentuhan santan yang gurih, dan disajikan dengan gentong yang membuat empal gentong terlihat unik.

Salah satu Empal Gentong yang terkenal di Cirebon adalah Empal Gentong H. Apud. Untuk melengkapi kuliner Cirebon, Pengunjung dapat menginap dan menikmati Kota Cirebon menghabiskan long weekend Idul Adha bersama keluarga. Salah satu hotel yang dapat menjadi tujuan wisatawan di Kota Cirebon adalah Patra Cirebon Hotel and Convention di Jl. Tuparev Nomor 11, Patra Kota Cirebon. Hotel ini salah satu unit Hotel Bintang empat milik Patra Jasa yang menghadirkan nuansa budaya khas Cirebon yang kental dengan sentuhan batik Megamendung pada kamar dan design interiornya sebagai pilihan customer untuk menginap saat mengunjungi Kota Cirebon.

I Gusti Made Juniarta GM Patra Cirebon Hotel and Convention mengatakan dengan menginap di Patra Cirebon, para tamu dapat berwisata kuliner dengan mudah, mengingat lokasi hotel berada di lokasi strategis. "Wisatawan dapat mencicipi kuliner khas Cirebon, seperti Empal Gentong H. Apud, Nasi Lengko H. Barno, Nasi Jamblang Mang Dul dan Ketan Bumbu Bu Yudi," katanya.

Patra Cirebon juga memiliki fasilitas infinity pool yang terletak di rooftop Hotel dengan pemandangan Kota Cirebon dan Gunung Ciremai yang menawan.”Terdiri dari 12 lantai dan memiliki jumlah sebanyak 168 kamar dengan desain modern, 7 ruang pertemuan, dan 1 Ballroom besar dengan kapasitas 900 orang serta dilengkapi tempat parkir yang memadai. Menyambut libur lebaran Idul Adha tahun ini, kami memiliki berbagai macam promo HoliDeals mulai dari Rp 800.000,- net/malam dan diskon sebesar 20 persen bagi customer yang ingin menyewa sepeda minimal 2 jam. Yang berlaku dari tanggal 15 – 30 Juni 2024," ujar Made Juniarta.

2. Ketan Bumbu Bu Yudi

Ketan Bumbu Ibu Yudi merupakan inovasi produk ketan persembahan Toko Bonschery Cake and Bakery yang diolah dan diberi bumbu serundeng. Selain dijual di Bonschery, Ketan Bumbu Ibu Yudi juga tersedia di Toko Oleh-oleh Sinta, Toko Oleh-oleh Daud, Toko Oleh-oleh Ade, dan Empal Gentong H.Apud setiap hari Sabtu dan Minggu. Ketan Bumbu Ibu Yudi ini terletak di Jalan Pamitran Nomor 48 Cirebon.

ketan bumbu
Ketan Bumbu

Baca juga: Terungkap Pertemuan Empat Mata Saksi Kunci Vina Cirebon dan Iptu Rudiana Ayah Eky, Ini yang Dibahas

3. Nasi Lengko

Nasi lengko berisi tauge, daun kucai, timun, tempe dan tahu lalu disiram saus kacang. Rasa dari nasi lengko ini gurih dan pedas serta sedikit manis. Nasi lengko legendaris adalah Nasi Lengko Haji Barno yang lokasinya ada di Jalan Pagongan No. 15B, Kejaksan, Cirebon.

Berikut ini cara membuat nasi lengko khas Cirebon, Jawa Barat. Resep mudah dibuat dan cocok disajikan untuk menu makan siang.
Berikut ini cara membuat nasi lengko khas Cirebon, Jawa Barat. Resep mudah dibuat dan cocok disajikan untuk menu makan siang. (Sajian Sedap)

4. Es Cuwing

Es cuwing adalah es cincau yang disajikan bersama dengan bubur sumsum, kelapa, santan, cendol dan disiram gula jawa cair. Rasa es cuwing yang manis dan legit ini sangat cocok dinikmati siang hari karena terasa menyegarkan.

Es cuwing legendaris yang rasanya enak dan harganya murah bisa ditemui di Jalan Kartini, Kejaksan, Cirebon.

Es Cuwing khas Cirebon
Es Cuwing khas Cirebon.

Baca juga: 7 Tempat Sarapan Enak di Cirebon, Cicipi Sajian Empal Gentong hingga Nasi Lengko yang Khas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat