androidvodic.com

Firth of Fifth, Ketika Genesis Bermain dengan Keindahan Komposisi Musik - News

ditulis oleh Rendy Sadikin, kolumnis Rasmusicology

News - 'Lupakanlah permainan kata-kata yang bersemayam dalam lirik sebuah lagu. Namun, resapilah keindahan aransemen dan instrumentasi yang menjadi tonggak dari lagu tersebut.'

Tampaknya, inilah pesan yang ingin disampaikan oleh Tony Banks, kibordis band rock progresif Genesis, saat menciptakan lagu masterpiece bin monumental, 'Firth of Fifth'.

Bahkan, Banks mengatakan lirik lagu yang ada di album 'Selling England by the Pound' (1973) itu merupakan yang terburuk selama karier bermusiknya.

Simak saja lirik 'The mountain cuts off the town from view. Like a cancer growth is removed by skill.' Kutipan lirik tersebut dinilai cenderung berlebihan alias lebay.

Memang, keindahan lagu tersebut tidak terletak pada liriknya, tapi permainan para musisi Genesis yakni Peter Gabriel (vokal, flute), Mike Rutherford (bass, gitar), Steve Hackett (gitar), Tony Banks (piano, kibor) dan Phil Collins (drum, perkusi).

Di bagian awal lagu, misalnya, pendengar sudah dibuat terpukau dengan permainan piano klasik Tony Banks yang indah dan menawan.

Lalu, harmoni dan irama rock progresif yang menghentak di bagian utama. Kemudian, kelihaian para personel lainnya menyambut 'umpan' nada yang diberikan oleh Banks dalam lima menit terakhir lagu tersebut.

Nah, di bagian pamungkas lagu tersebut, para musisi Genesis membuat pendengarnya 'orgasme'. Bayangkan, melodi gitar Hackett yang menyayat dengan tone bagaikan suara biola, permainan drum Collins yang keras namun inovatif dan sound futuristik dari kibor Tony Banks.

Ya, musik yang mereka mainkan dalam lima menit tersebut memang jauh lebih indah dan menggetarkan jiwa jika dibandingkan lirik konyol yang disebutkan oleh Banks tersebut.

Wajar, dengan komposisi ciamik tersebut, lagu ini disebut-sebut sebagai anthem atau lagu wajib bagi para penikmat rock progresif.

Tadinya, lagu tersebut mengacu kepada sebuah sungai bernama Forth di Skotlandia dan berjudul 'Firth of Forth'. Namun, entah kenapa judul itu diganti menjadi 'Firth of Fifth'

Meski disampul album tertulis lagu itu diciptakan oleh seluruh anggota band, sebagian besar komposisinya dibesut oleh Tony Banks.

Sebenarnya, cetak biru lagu tersebut sudah ditulis pada 1972 ketika Genesis tengah menggodok album 'Foxtrot'. Namun, ketika diajukan, lagu tersebut ditolak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat