androidvodic.com

Ini Yang Membedakan Sabun Mandi Shampo dan Sabun Wajah - News

TRIBUNNERS - Kebersihan adalah komponen penting bagi kehidupan kita. Dengan menjaga badan tetap bersih maka kita akan merasa segar dan menjalankan hari hari dengan rasa optimis.

Salah satu alat untuk membersihkan badan adalah dengan menggunakan sabun. Namun sabun sendiri memiliki banyak jenisnya.

Mungkin sering kali kita pikirkan, sebenarnya kenapa sih sabun itu banyak jenisnya? apakah itu hanya merk dagang, atau fungsinya memang beda.

Mungkin juga secara tidak sengaja kita sering memakai shampo untuk membersihkan tubuh atau tidak sengaja memakai sabun tubuh untuk membersihkan wajah.

Namun, kalau disimpulkan semua sabun itu tujuannya untuk membersihkan, entah itu sabun batang, shampo ataupun sabun wajah.

Kalau begitu mengapa perlu dibedakan? Lalu apakah jika kita memakai shampo untuk tubuh kita atau sebaliknya diperbolehkan?

Sabun mandi atau sabun batang yang biasa kita pakai sebenarnya adalah detergen, yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS).

SLS berfungsi sebagai pembersih yang dapat menghilangkan kuman dan bakteri berbahaya, serta sel-sel kulit mati yang menempel di tubuh.

Karena bersifat pembersih maka lemak lemak yang melindungi tubuh kitapun akan larut dan membuat kulit menjadi kering.

Lalu untuk apa shampo dibuat

Sebenarnya alasan pembuatan shampo adalah rambut akan menjadi kasar dan rusak apabila dicuci dengan menggunakan sabun tubuh.

Pada dasarnya sabun dan shampo sama sama memiliki komponen deterjen sebagai bahan pembersih utamanya.

Namun, jenis dan kadarnya dibedakan. Shampo memiliki kadar deterjen alkohol yang lebih tinggi dari pada sabun yaitu pada kisaran 12-18 atom karbon. Dengan hal itu shampo tidak lagi menghilangkan minyak pada rambut dan merusak rambut lagi namun tetap memiliki daya bersih yang cukup.

Selain itu pada shampo ini ditambahkan zat yang dapat merawat rambut kita seperti contohnya adalah membuat rambut tidak bercabang, membuat rambut tidak rontok dan sebagainya.

Lalu bagaimana kalau shampo digunakan untuk tubuh

Sebenarnya boleh boleh saja kita menggunakan shampo sebagai pengganti sabun, dalam artinya shampo ini tidak akan merusak kulit kita.

Namun, kulit tubuh akan sedikit berlendir atau tidak sekering jika kita menggunakan sabun. Lalu banyak juga kelebihan dari shampo yang tidak dibutuhkan oleh kulit kita. Selain itu jika dilihat dari sisi ekonomi shampo memiliki harga yang lebih mahal daripada sabun.

Bagaimana dengan sabun wajah?

Sama halnya dengan shampo, sabun wajah dibuat karena kulit wajah akan kering dan iritasi jika dicuci menggunakan sabun biasa. Hal ini disebabkan karena wajah dan tubuh kita memiliki sensitivitas yang berbeda.

Sabun mandi komersial pada umumnya mengandungi banyak bahan kimia seperti kandungan petroleum, synthetic chemical, dan petrochemical yang dapat merusak kulit wajah. Satu hal yang membedekan sabun wajah dan sabun tubuh adalah tingkat keasamannya.

Kulit wajah memiliki pH kisaran 4.0-5.5, sedikit lebih rendah daripada pH kulit tubuh yang memiliki pH mendekati 7 atau netral.

Selain itu dalam sabun wajah juga sering kali ditambah beberapa zat yang dapat merawat kulit wajah kita seperti contohnya adalah membuat wajah lebih cerah, mencegah datangnya jerawat dan sebagainya.

Bagaimana dengan sabun wajah yang digunakan untuk tubuh?

Tidak masalah jika kita melakukan hal tersebut. Namun, tentu saja hasilnya tidak maksimal dan kulit tubuh kita tidak akan sekering dibanding kita memakai sabun tubuh.

Kelebihan kelebihan dari sabun wajah juga tidak dibutuhkan oleh kulit kita dan sekali lagi dari sisi ekonomi sabun wajah memiliki harga yang lebih mahal daripada sabun mandi kita sehari-hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat