androidvodic.com

Presiden Jokowi Sosok Disegani Berbagai Pemimpin Dunia yang Hadir di Amerika Serikat - News

Tulisan oleh: Staf Khusus Presiden RI – Billy Mambrasar

TRIBUNNERS - Tulisan ini saya buat, untuk menjawab nyinyiran beberapa orang yang meragukan karisma dan kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Amerika Serikat saat ini.

Justru berkebalikan dengan komentar negatif orang-orang tersebut, Pak Jokowi sangatlah disanjung oleh pimpinan perwakilan negara, dunia usaha internasional, dan juga pemerintah Amerika Serikat!

Saya membuat tulisan ini dengan posisi saat ini berada di Amerika Serikat dalam rangka tugas kerja, walaupun saya tidak bergabung dengan rombongan kunjungan Kerja Presiden dalam rangka KTT AS-ASEAN yang tengah berlangsung saat ini.

Akan tetapi, 2 minggu sebelum Presiden datang berkunjung, saya sebagai Direktur Eksekutif Kadin Kabupaten Mimika, sekaligus anggota Dewan Penasihat acara Pre Summit Y20, yang merupakan bagian dari acara Pertemuan G20 yang akan dilakukan di Indonesia nanti, ikut mendampingi Ketua Umum Kadin Pusat, Arsjad Rasjid, dan Chairwoman G20, Shinta Kamdani, bersama rombongan Kadin seluruh Indonesia melakukan pertemuan-pertemuan awal dengan beberapa pimpinan, CEO, dan organisasi dunia.

Dalam pekan yang sama, saya juga sempat mendampingi Bapak Luhut Binsar Panjaitan (LBP), Menkomarves Indonesia, bertemu dengan beberapa pimpinan pemerintah, dan perusahaan besar Dunia, dan sempat juga beraudiensi dengan Ibu Sri Mulyani, yang juga mewakili Indonesia dalam rapat bersama-sama dengan Menteri-menteri Keuangan Se-dunia.

Salah satu momen yang paling viral kala itu adalah pertemuan Pak LBP dengan CEO Tesla dan pembeli twitter: Elon Musk.

Staf Khusus Presiden RI – Billy Mambrasar bersama rombongan kunjungan Kerja Presiden dalam rangka KTT AS-ASEAN di Amerika Serikat.
Staf Khusus Presiden RI – Billy Mambrasar bersama rombongan kunjungan Kerja Presiden dalam rangka KTT AS-ASEAN di Amerika Serikat. (ISTIMEWA)

Dalam rapat bersama dengan John Kerry, Ketua Unit Perubahan Iklim Amerika Serikat, kepada Ketua Kadin Pusat, menyampaikan Pujian atas kepemimpinan Presiden Jokowi, yang dalam arus deras tuntutan percepatan pembangunan Indonesia, tetap memegang teguh prinsip-prinsip keberlanjutan.

Amerika Serikat melalui beliau juga akan terus mendorong aksi-aksi nyata percepatan pembangunan berkelanjutan.

Saya sebagai Duta SDGs (Pembangunan berkelanjutan Indonesia) Kementerian Bappenas RI, dalam rapat bersama dengan Ekonomis Bank Dunia, di hari yang berbeda, menjelaskan komitmen Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Inpres No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang menjadi acuan seluruh pemerintah daerah untuk menyusun rencana pembangunannya berdasarkan azas keberlanjutan.

Ini Jelas komitmen Presiden, yang juga mendapat apresiasi dari Unit Perubahan Iklim yang diketuai oleh Mantan Menteri Luar Negeri Amerika serikat tersebut.

Dalam rapat bersama dengan USA Chamber of Commerce, pujian juga dilayangkan atas dukungan Presiden terhadap pengembangan sektor digital di Indonesia yang sempat menjadi tolak ukur amerika serikat juga.

Perlu diketahui, bahwa dalam Pakta Perjanjian Internasional yang sedang didorong Amerika Serikat, yang diberi nama: Indo-Pacific Strategy, pengembangan UMKM dan Sektor Digital menjadi prioritas kerjasama amerika serikat dengan negara-negara asia dan pacific, dan Indonesia dijadikan mercusuar.

Hal ini tentunya sangat berdasar sekali, karena saat itu, saya bercerita kepada salah satu pejabat USA Chamber of Commerce yang hadir, tentang 2 Rapat Terbatas nasional yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara di tahun 2020 dan 2021.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat