androidvodic.com

Mengenal Sosok Sri Yuliana, Kader Kesehatan Pengabdi Masyarakat Desa Kluwut - News

Oleh Ahmad Syaiful Bahri

Koordinator ECED Tanoto Foundation Brebes – Tegal

Kabupaten Brebes merupakan wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Brebes juga merupakan salah satu penghasil ikan laut, tepatnya di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba, di sana berdiri gagah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan juga pusat pasar ikan laut segar. Nelayan yang baru saja melaut, langsung menurunkan ikannya di pasar tersebut.

Meskipun hasil ikan laut melimpah, angka stunting di Desa Kluwut cukup tinggi, berdasarkan data dari Siti Kholisoh, staf gizi Puskesmas Kluwut yang biasa mendata bayi dua tahun (baduta) stunting, hasil penimbangan serentak Februari 2023 lalu bahwa angka stunting di Desa Kluwut masih mencapai angka 24,35 persen.

“Masih cukup tinggi,” ujar Kholisoh.

Melihat kondisi desa Kluwut dengan angka stunting yang tinggi, salah satu warga desa Kluwut bernama Sri Yuliana tergerak untuk aktif terlibat sebagai kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang membantu Puskesmas Kluwut dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Bulakamba dalam percepatan penurunan stunting. “Merasa terpanggil dengan kondisi keadaan desa saya pak,” ujarnya ketika diwawancarai.

Bersama kader lainnya, Sri, panggilan akrabnya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah stunting, terutama dari 1000 hari pertama kehidupan (HPK), apa saja yang harus dilakukan. Salah satu pengabdian yang Sri lakukan adalah ketika mengantarkan seorang ibu paruh baya yang sedang hamil ke Puskesmas Kluwut. Dengan sepeda motornya, Sri membawa ibu hamil tersebut ke Puskesmas, dan menemani dari proses pemeriksaan kehamilan seperti mengecek tensi dan darah, hingga konsultasi dengan dokter.

Usut punya usut, ternyata ibu yang dibonceng tadi adalah seorang ibu hamil KEK atau mengalami Kekurangan Energi Kronis.

KEK adalah kondisi kekurangan kalori dan protein yang berlangsung lama (beberapa bulan atau tahun). Seseorang dikatakan berisiko KEK apabila ukuran Lingkar Lengan Atas (LiLA) kurang dari 23,5 cm. Remaja putri, wanita usia subur, dan ibu hamil yang mengalami KEK akan berisiko melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

Kader Kesehatan Pengabdi Masyarakat Desa Kluwut 2

Kekurangan gizi dapat disebabkan oleh minimnya asupan gizi (makro atau mikro nutrien, secara kualitas dan kuantitas, juga asupan makanan yang kurang beragam), gangguan penyerapan zat gizi, kurangnya perawatan kesehatan, serta masalah kebersihan air dan lingkungan. Calon ibu yang mengalami KEK akan mengalami penurunan daya tahan tubuh dan mudah terserang penyakit. KEK juga merupakan salah satu faktor risiko terjadinya anemia pada ibu hamil.

Kisah di atas merupakan sepenggal cerita pengabdian Sri bagi desa tercinta, yang sudah digelutinya selama hampir 13 tahun, mulai dari menjadi kader posyandu, kader KB, kader Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA), kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), hingga kini ia aktif sebagai kader TPK.

“Saya niatkan ibadah, karena kalau tidak diniatkan ibadah maka akan cepat bosan, ujungnya berhenti,” ucapnya. 

Sri bercerita, sejak tahun 2010 ia sering ditunjuk sebagai perwakilan desa untuk mengikuti pelatihan di Kabupaten. Sri juga tidak tahu kenapa ia yang harus dipilih, bukan yang lain. Ia sudah mengikuti pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), pelatihan kader posyandu, hingga ditunjuk menjadi peserta pelatihan PMBA tingkat Kabupaten Brebes.

“Mungkin karena awalnya saya pernah dapat juara pertama kader, dan dari situlah saya sering ditunjuk untuk perwakilan acara demi acara, ya lintas sektor gitu,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat