androidvodic.com

Rusia Ejek NATO Lewat Pameran Tank Abrams dan Leopard 2 di Victory Park Moskow - News

News, YOGYA – Pemerintah Rusia secara resmi membuka pameran kendaraan dan peralatan tempur berat produk barat yang dipakai pasukan Ukraina.

Barang-barang canggih yang dihancurkan dan disita itu dipajang di Kawasan Taman Kemenangan (Victory Park) Moskow mulai 1 Mei 2024.

Puncaknya akan terjadi pada 9 Mei 2024 ketika Rusia secara rutin menggelar parade memperingati kemenangan Rusia melawan pasukan Nazi Jerman atau Victory Day.

Dua peralatan tempur yang jadi simbol ‘kekalahan’ barat adalah tank tempur utama M1 Abrams buatan AS dan Leopard 2 produksi Jerman.

Kedua tank ini diklaim sebagai kekuatan utama pasukan darat AS dan sekutunya di NATO, dan dikirimkan ke Ukraina untuk mengalahkan Rusia.

Faktanya, pasukan Rusia hanya menggunakan senjata antitank dan drone kamikaze berhasil merontokkan dua arsenal darat hebat ini.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu pernah mengatakan, Rusia telah menghancurkan semua tank Leopard 2 yang dikirimkan Jerman ke Ukraina.

Sementara sekurangnya dua tank M1 Abrams AS telah dimusnahkan dalam pertempuran sengit di pinggiran Avdeevka di perbatasan Donbass dan wilayah yang dikuasai Ukraina.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-793: Kyiv Tarik Tank Abrams M1A1 AS dari Garis Depan

Baca juga: Disebut Terbaik di Dunia, Tank M1 Abrams Amerika Dihancurkan Rusia Hanya dengan Satu Tembakan

Baca juga: Drone Kamikaze Rusia Battle Beaver Hancurkan Tiga Tank Leopard Ukraina dalam Dua Hari

Tank M1 Abrams buatan Amerika Serikat dihancurkan Rusia di Ukraina.
Tank M1 Abrams buatan Amerika Serikat dihancurkan Rusia di Ukraina. (RIA Novosti)

Rusia sebenarnya juga kehilangan banyak kendaraan tempur, termasuk tank-tank berat di berbagai front sejak dimulainya perang pada 24 Februari 2022.

Tetapi menghancurkan persenjataan yang dikirim barat ke Kiev, memamerkannya di muka umum di Moskow adalah hal yang sangat simbolik.

Bahkan muncul isu, pihak AS menuntut pasukan Ukraina menarik mundur sisa dari 31 tank M1 Abrams yang dikerahkan ke garis depan, ke zona lebih aman.

Desakan datang dari Chrysler Defense atau sekarang General Dynamics Land Systems, produsen tank M1 Abrams yang waswas sahamnya rontok.

Pameran trofi perang ala Rusia sejatinya lebih bermakna politis simbolis. Selain M1 Abrams dan Leopard 2, ada lapis baja Bradley (AS), IFV Marder (Jerman) turut dipamerkan.

Masih ada ranpur Humvee, Husky dan MRAP, serta howitzer derek M777, serta tank AMX-10RC dari Prancis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat