androidvodic.com

TMMD ke-120 Kodim 0423/Bengkulu Utara: Dulang Harapan Petani Karet dan Sawit di Kampung Transmigrasi - News

Oleh: Letkol Kav Aidil Hajri, M.Han

Dansatgas TMMD ke-120 Kodim 0423/Bengkulu Utara

PAGI itu mentari mulai memancarkan kilaunya. Sinarnya menembus di sela rapatnya pepohonan karet dan sawit yang menjulang. Sementara, angin bertiup pelan, menabuh dedaunan, menghadirkan orkestra alam nan indah.

Kicau burung pun bersautan seolah tidak mau ketinggalan menikmati pagi. Terdengar merdu, semerdu derap langkah dan nyanyian lagu mars Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dari kejauhan samar-samar terlihat ratusan pria berbadan tegap dengan sorot mata tajam, sikap penuh wibawa, beratribut lengkap khas TNI memasuki Dusun Sinar Selatan, Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Mereka adalah prajurit TNI dari matra angkatan darat (AD) dan angkatan laut (AL) serta sejumlah anggota Polres Bengkulu Utara yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 0423/Bengkulu Utara.

Sinar mentari beringsut, perlahan meninggi, menghangatkan tubuh para prajurit yang bersiap mengawali hari dengan semangat baru. Sepagi itu, para prajurit TNI memamerkan wajah bahagia, ingin memperlihatkan harinya terasa istimewa. Semangat prajurit kian berlipat, karena sang Komandan Satgas (Dansatgas) Letkol Kav Aidil Hajri M Han, berada di antara mereka, dan siap memimpin langsung pengerjaan rabat jalan.

“Semuanya siap!” teriak Dansatgas, yang langsung berbalas, “Siap komandan!” dengan kompaknya.

Tanpa dikomando lagi, para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-120 ini langsung beraktivitas, ada yang mengambil semen, ada yang mengambil pecahan batu koral, menyiapkan air untuk bersiap melakukan pengecoran.

Sementara, satu per satu warga yang mendapat giliran membantu pengerjaan sasaran fisik program TMMD ini mulai berdatangan. Merekapun seperti sudah hafal dengan tugas-tugasnya, dan langsung berbaur tanpa dikomando.

Saat Satgas TMMD dan warga sibuk membuat bahan cor, Letkol Kav Aidil Hajri, M.Han terlihat menjauh ke ujung jalan yang sudah terbeton. Pria yang sehari-hari menjabat Komandan Kodim (Dandim) 0423/Bengkulu Utara ini terlihat berjongkok, sorot matanya ditajamkan, memerhatikan hasil kerja personel Satgas TMMD ke 120 ini.

Wajah seriusnya berubah menjadi senyuman, ketika dipastikan pekerjaan rabat jalan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Dia lantas berputar kembali, menyapa warga Dusun Sinar Selatan ini.

“Terima kasih bantuannya. Terima kasih masih bersemangat bersama kami,” ucapnya tak lupa membungkukkan sedikit badannya.

Dia kembali melangkah, mendekati Dan SSK, Kapten Cpl Aep Johari. Keduanya terlihat pembicaraan serius. Dan tak berapa lama, tampak sang komandan menepuk bahu Dan SSK, lalu kembali ikut berbaur dengan personel Satgas TMMD yang lain ketika terdengar teriakan, “Pengecoran jalan siap dimulai!”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat