androidvodic.com

Rasionalkah Skenario Vladimir Putin Akhiri Perang Ukraina? - News

News, YOGYA – Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyampaikan syarat dan kondisi pengakhiran konfliknya melawan Ukraina.

Moskow, kata Vladimir Putin, tidak meninginkan gencatan senjata maupun membekukan konflik dengan Ukraina.  

Rusia ingin penyelesaian masalah, dan karenanya siap bernegosiasi dengan Ukraina kapanpun. Bila perlu, hari ini atau besok pun.

Skenario versi Rusia itu dipaparkan di depan Menlu Rusia Sergei Lavrov dan para diplomat senior Rusia, Jumat (14/6/2024), dan momennya menjelang konferensi perdamaian Ukraina di Swiss.

Syarat dan kondisi itu tidak banyak berubah dari skema saat negosiasi terakhir Rusia-Ukraina di Istanbul Turki pada Maret 2022.

Pemimpin Ukraina Volodymir Zelensky langsung menolak skenario versi Putin. Ia menyebut skema itu ultimatum Moskow ke Kiev.

Baca juga: Saat Vladimir Putin Bertekad Rusia Akan Menangkan Pertarungan

Baca juga: Vladimir Putin Menyindir Barat, dengan Mempersenjatai Kiev Mereka Pikir Bisa Hancurkan Rusia

Baca juga: Vladimir Putin

Pasukan Rusia menembakkan meriam howitzer ke arah tentara Ukraina
Pasukan Rusia menembakkan meriam howitzer ke arah tentara Ukraina (Sputnik)

Skenario versi Vladimir Putin adalah Rusia siap gencatan senjata dan memulai negosiasi setelah Ukraina menarik pasukan dari Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk serta wilayah Zaporozhye dan Kherson.

Batas administratif sesuai kesepakatan saat Ukraina berpisah dari Uni Soviet pada 1991.  Ukraina juga harus membatalkan rencana bergabung NATO.

Selain itu, Rusia mengharuskan Ukraina untuk mengadopsi status netral, non-blok, dan non-nuklir. Itulah syarat kondisi versi Putin.

Paparan ini menjadi menarik karena disampaikan menjelang Ukraina Global Summit di Lucerne, Swiss, 15-16 Juni 2024.

Rusia tidak diundang dan dilibatkan di forum yang klaimnya ingin mencari formulasi perdamaian Rusia-Ukraina.  Event ini digelar sesuai permintaan Ukraina.

Sejumlah negara kunci tidak hadir, di antaranya China, Arab Saudi, India, Brasil. Presiden AS Joe Biden pun juga tidak menghadiri forum ini.   

Apa yang disampaikan Putin menjadi menarik dicermati karena kemungkinan besar akan berdampak pada hasil Global Summit Ukraina di Swiss.

“Kami siap duduk di meja perundingan besok,” kata Putin saat briefing di Kementerian Luar Negeri Rusia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat