androidvodic.com

Pameran Seni Rupa Mahasiswa ISI Yogyakarta Di Taman Budaya Lampung - News

Laporan Wartawan Tribun Lampung, YOGA NOLDY PERDANA

News, BANDAR LAMPUNG – Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta, mengadakan Pameran Seni Rupa yang bertajuk “Menapis Rupa, Merajut Budaya” yang digelar di Taman Budaya Provinsi Lampung Jalan Cut Nyak Dhien No.24, Bandar Lampung dari Selasa-Kamis (27-29/10/15). Pameran ini, menampilkan sebanyak 87 karya Seni Rupa hasil karya para Mahasiswa dari Tujuh Program Studi yang ada pada Fakultas ISI Yogyakarta.

Ketua Panitia Pameran Seni Rupa “Menapis Rupa Merajut Budaya”, Drs. Baskoro Suryo Banindro, M. Sn (50) mengatakan, gelaran Seni Rupa ini digelar setiap Dua Tahun sekali, dan kali ini Lampung terpilih untuk penyelenggaraannya pada tahun 2015 ini. “ke 87 karya seni yang ditampilkan disini berasal dari Tujuh Program Studi yang ada di Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta yaitu Jurusan Seni Rupa Murni, Kriya Seni, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Batik dan Fashion, Tata Kelola Seni, dan Desain produk,”ujarnya, Rabu (28/10/15).

Ia juga mengatakan, karya seni yang ada pada gelaran tersebut, ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti Dua Dimensi, Tiga Dimensi, dan Audio Visual, Mulai karya cetak, Manual, dan Digital. “Hasil karya yang ditampilkan ini, merupakan koleksi Jurusan dari hasil karya pilihan mahasiswa yang sedang menempuh tugas rutin, ujian tengah semester, dan ujian tugas akhir. Dari seluruh hasil karya para mahasiswa kami tersebut, dikumpulkan, lalu diseleksi oleh tim Kurator Program Studi dan Kurator Fakultas Seni Rupa,”ujar Baskoro.

Baskoro menambahkan, alasannya untuk mengadakan gelaran pameran pada tahun 2015 di Lampung ini adalah, karena Lampung sendiri menjadi salah satu tujuan yang dianggap potensial dalam nilai-nilai seni. “Kami juga melihat, bahwa jumlah sekolah yang ada di Lampung ini cukup besar, yaitu kurang lebih ada 350 SMA/SMK, tujuan kami menggelar pameran ini adalah, kita bisa memberikan apresiasi seni, dan memberikan informasi seputar pendidikan tinggi seni di Yogyakarta khususnya pada Fakultas Seni Rupa kepada masyarakat Lampung, terutama mendorong kepada Siswa-siswi SMA/SMK yang ada di Lampung untuk bisa lebih mengenali program-program yang ada di ISI, dan bisa lebih mengembangkan bakat dan memperdalam ilmu pengetahuan mengenai Seni Rupa di ISI sendiri, ”ujar Baskoro.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Lampung, Yusuf Rusman mengatakan, dirinya menyambut baik dengan adanya gelaran pameran Seni Rupa yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa Yogyakarta tersebut. “Dengan adanya pameran seni rupa tersebut, diharapkan kepada masyarakat Lampung, khususnya para siswa/siswi SMA/SMK yang ada di Lampung untuk mengetahui, bahwa dunia seni rupa dijaman teknologi informasi yang modern ini, sangat dibutuhkan, khususnya untuk indistri kreatif di bidang desain,’tutur Yusuf.

Terkini Lainnya

  • Lampung tujuan yang dianggap potensial dalam nilai-nilai seni

  • VIDEO Penampilan Terbaru Harvey Moeis dan Helena Lim Saat Pelimpahan ke Kejari Jaksel

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat