androidvodic.com

Ada Bukit Sampah di Bandung, Warga Keluhkan Bau Busuk dan Lalat Beterbangan - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

News, BANDUNG - Warga mengeluhkan keberadaan tumpukan sampah di pinggir Jalan Baturengat, RT 1/1 Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat.

Tumpukan sampah yang disebut-sebut bukit sampah itu, kebanyakan limbah rumah tangga dan limbah industri rumah tangga itu kerap menimbulkan bau tak sedap setiap harinya.

Tak hanya bau, banyak lalat terbang di tempat pembuangan sampah dadakan, yang berada di pinggir ruas Jalan Tol Purbaleunyi.

Tumpukan sampah itu pun terkadang menutup sebagian jalan yang menghubungkan Kecamatan Bandung Kulon dengan Kecamatan Margaasih, Desa Cigondewah Hilir, Kabupaten Bandung.

"Sebetulnya ini bukan tempat pembuangan sampah. Ini karena ketidaksiplinan manusianya, tidak cinta terhadap lingkungannya," ujar Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cigondewah Kaler, Usep Yudha Prawira, ketika ditemui di lokasi tumpukan tempat sampah, Rabu (6/4/2016).

Usep mengatakan, setidaknya 10 petugas kebersihan Kelurahan Cigondewah rutin membersihkan sampah yang tumpah ke jalan.

Menurutnya, volume sampah terus bertambah setiap harinya meski terus dibersihkan dan diangkat dengan motor bak sampah.

"Jadi kondisi seperti ini itu sudah setahun lebih. Awalnya sampah cuma datar, tapi lama kelamaan jadi menumpuk begitu. Pagi sampai siang kami bersihkan, mereka buangnya malam," ujar Usep.(*)

Terkini Lainnya

  • Tumpukan sampah tampak di pinggir Jalan Baturengat, RT 1/1 Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat.

  • VIDEO Penampilan Terbaru Harvey Moeis dan Helena Lim Saat Pelimpahan ke Kejari Jaksel

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat