androidvodic.com

Ketua KPU DKI Jakarta: Pemilu Kita Ini Masih Asas Kecurigaan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

News, JAKARTA - Ketua KPUD DKI Jakarta, Dahlia Umar menilai pilkada maupun pemilu yang berlangsung saat ini, masih berasaskan kecurigaan.

Ia menyampaikannya saat acara "Perspektif Publik" yang digelar Smart FM, di restoran Gado-gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2016).

Menurut Dahlia, kecurigaan tersebut timbul akibat trauma yang berkepanjangan pada massa orde baru, di mana kebebasan menentukan pilihan dalam pemilu maupun pilkada, tidak sepenuhnya dimiliki masyarakat.

"Ya mungkin karena trauma masa lalu, masa Orde Baru di mana kebebasan berekspresi dan berpolitik itu sangat dibatasi, maka asas kecurigaan itu masih membekas," tuturnya.

Kecurigaan tersebut diakui Dahlia juga berpengaruh terhadap sistem kerja KPU. KPU saat ini menjadi lebih fokus terhadap transparansi, untuk meminimalisir kecurigaaan masyarakat terhadap KPU.

Satu di antara wujud transparansi tersebut, menurutnya, dengan membangun sistem teknologi informasi yang bisa diakses masyarakat, khususnya melalui media sosial.(*)

Terkini Lainnya

  • Kecurigaan tersebut diakui Dahlia juga berpengaruh terhadap sistem kerja KPU.

  • VIDEO Penampilan Terbaru Harvey Moeis dan Helena Lim Saat Pelimpahan ke Kejari Jaksel

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat