androidvodic.com

Jadi Rahasia Awet Muda Tyo Nugros, Ini Efek Samping Konsumsi MSG Berlebihan! - News

News- Usai tampil dalam konser Dewa 19 pada 4 Februari 2023 lalu, Tyo Nugros kembali menjadi sorotan netizen. Tampil awet mudalah yang menjadikan dirinya sempat trending di Twitter.

Di usianya yang genap 52 tahun, Tyo Nugros masih tetap digemari oleh banyak kalangan, terutama para kaum wanita. Tyo menyebutkan bahwa dirinya sudah tak makan MSG selama 2 tahun belakangan ini untuk membuat badannya tetap kencang dan sehat.

"Udah biasa tiap hari enggak pakai MSG, garam juga biasanya enggak pakai," ujar Tyo, seperti dilansir Kompas.com dari YouTube Andra Ramadhan.

Tyo juga menjelaskan alasannya tidak mengonsumsi garam dan MSG berlebihan karena sodium bersifat menahan air di bawah kulit.

"Jadi orang kenapa enggak bisa kenceng badannya, karena ada air di bawah kulitnya, ketahan sodium," sambungnya.

Lantas apa saja sih dampak negatif MSG untuk tubuh?

Penggunaan micin atau monosodium glutamat (MSG) dalam kehidupan sehari-hari sebagai penyedap makanan merupakan hal lumrah. Pasalnya, MSG bisa menghasilkan rasa gurih yang membuat makanan jadi lebih nikmat. Akan tetapi, MSG tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) membatasi asupannya sebesar 5 gram per hari untuk tiap orang. Apabila dikonsumsi secara berlebih, MSG memberikan efek samping yang tak terhindarkan. 

Berikut efek samping mengonsumsi MSG secara berlebihan. 

1. Chinese Restaurant Syndrome

Gejala dari sindrom ini beragam, mulai dari sakit kepala, kesemutan, jantung berdebar, nyeri dada, mual, tubuh terasa letih, dan rasa kantuk yang berlebihan. Gejala yang muncul bisa bersifat ringan hingga berat, namun jika sensitif terhadap MSG, akan berisiko mengalami gejala yang lebih parah. 

2. Sakit kepala 

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, salah satunya saat mengonsumsi MSG berlebihan. Efek samping yang bisa timbul adalah sakit kepala. Asupan MSG yang berlebih bisa memicu pelebaran pembuluh darah sehingga terjadi aktivitas tidak normal pada saraf-saraf otak yang terstimulasi secara berlebihan.

3. Kerusakan sel saraf

mengonsumsi makanan dengan MSG dosis tinggi dapat berperan sebagai racun yang menyebabkan kerusakan sel saraf. Tak hanya itu, MSG dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan kerusakan berbagai organ. Beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat kerusakan saraf karena mengonsumsi MSG berlebih yaitu Alzheimer, penyakit Parkinson, dan stroke.

4. Tekanan darah naik 

MSG mengandung asam glutamat yang tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan. Apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat pembuluh darah menyempit dan melebar. Hal ini akan menyebabkan lonjakan tekanan darah yang signifikan yang bisa berpengaruh ke beberapa penyakit. 

5. Menambah berat badan

Rasanya yang gurih dan lezat membuat MSG sering digunakan dalam beberapa makanan. Namun penting untuk memperhatikan porsi makan yang dikonsumsi. Jika mengonsumsi makanan berlebihan, tentunya kalori yang masuk pun tak terhindarkan. Hal ini yang membuat berat badan bertambah. Selain itu, MSG juga dapat menimbulkan efek kenyang yang lebih lama.

Nah, itu dia beberapa efek samping dari mengonsumsi MSG yang berlebihan. Selalu bijak dalam mengonsumsi makanan, ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat