androidvodic.com

Viral Bakar Sekolah karena Bullying, Ini 5 Cara untuk Kamu Hadapi Perundungan di Lingkunganmu - News

News - Baru-baru ini siswa SMP asal Temanggung, Jawa Tengah viral karena nekat membakar sekolahnya sendiri pada Selasa (27/6/2023).

Apa yang dilakukan R nyatanya bukan tanpa sebab, siswa itu ternyata menerima bullying atau perundungan dari teman-teman sekolahnya.

Tingkatan emosinya itu akhirnya memuncak dengan cara membakar beberapa ruang kelas di SMPN 7 Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah.

Hingga bulan Mei 2023 saja, Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mencatat ada 15 kasus perundungan atau bullying ini di Indonesia. Jauhnya strata sosial maupun fisik si korban bully ini biasanya jadi sasaran para pelaku.

Jika kamu menjadi korban bullying atau temanmu yang mendapat perlakuan sama, simak beberapa respon atau tindakan untuk menghindarinya berikut ini:

1) Jalin pertemanan dengan banyak orang

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah berinteraksi atau menjalin pertemanan dengan banyak orang.

Tapi pastikan circle atau lingkungan pertemananmu kamu juga harus sehat dan terhindar dari tindakan yang merugikan sesama.

Biasanya jika korban bullying memiliki banyak teman, pelaku mungkin berpikir ulang untuk melakukan perundungan.

2) Jangan bully balik

Tahan dan jangan mencoba untuk menyerang balik si pelaku jika kamu gak ingin masalah semakin panjang.

Boleh-boleh saja melakukan sedikit perlawanan, tapi dengan niat agar pelaku jera dan tidak melakukan hal yang sama. Tapi, tetap saja, dengan bersifat tenang dan sabar, kamu kemungkinan bisa menghindari tindakan bullying.

3) Jangan sendirian

Kalau terdesak, hindari situasi dimana kamu beraktivitas di lingkungan atau sekolah sendirian. Contohnya, ketika hendak pergi ke kamar mandi atau makan siang di kantin, usahakan ditemani satu temanmu agar tidak merasa sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat