androidvodic.com

5 Tips Ini Bisa Kamu Lakukan Jika Terjadi Kebakaran, Biar Gak Panik dan Gampang Dievakuasi - News

News - Kebakaran yang terjadi di Gedung K-Link Tower Jakarta Selatan bisa jadi perhatian buat kamu yang bekerja dalam gedung, utamanya perkantoran bertingkat. Jadi faktor keamanan perlu kalian ketahui biar tidak ada korban jiwa dalam situasi seperti kebakaran kemarin.   

Sebagian pekerja kantoran atau yang terbiasa beraktivitas di gedung bertingkat, mungkin ada yang belum paham prosedur evakuasi keadaan darurat yang baik dan benar seperti kebakaran dan gempa bumi.

Baru-baru ini, insiden kebakaran terjadi di Gedung K-Link Tower, Jalan Gatot Subroto, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta pada Sabtu (15/7/2023).

Baca juga: Polisi Gelar Olah TKP Kebakaran Gedung K-Link Jakarta, Tabung Gas hingga Arang Diuji

Beruntung, tidak ada korban jiwa di kejadian ini, hanya tiga orang pekerja saja yang mengalami luka menurut Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Trianto.

Berangkat dari insiden ini, kamu yang kerja kantoran di gedung-gedung bertingkat, harus paham betul langkah apa saja yang perlu dilakukan jika kebakaran terjadi seperti di Gedung K-Link Tower.

Yuk, simak lima cara yang perlu kamu pahami sebagai antisipasi jika terjadi kebakaran di lingkungan sekitarmu!

1) Lindungi area pernapasan

Cara pertama yang harus kamu lakukan dalam situasi kebakaran adalah melindungi saluran pernapasan.

Lindungi area hidung dan mulut dengan tisu kering maupun basah. Cara termudah lainnya juga bisa menggunakan sapu tangan dan bagian atas dari pakaian yang kamu pakai.

Tetap bernafas dengan perlahan sambil mengikuti instruksi yang diberikan oleh pengelola gedung atau pihak pemadam.

2) Hindari pemakaian lift

Karena situasinya yang panik, biasanya masih banyak yang berpikiran untuk menggunakan sarana lift. Tapi ternyata penggunaan lift dilarang dalam situasi darurat.

Setiap gedung bertingkat seperti perkantoran, mall, kampus maupun rumah sakit pasti punya tangga darurat yang biasanya bersimbol warna hijau atau merah.

Baca juga: Polisi Selidiki Kasus Kebakaran Gedung K-Link Jakarta, Empat Orang Diperiksa

Fasilitas tangga darurat ini adalah standar wajib yang dimiliki oleh area atau gedung bertingkat, dimana pintu area masuknya ini terbuat dari material khusus yang tahan api.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat