androidvodic.com

Badan Layanan Umum Bakal Kelola 116 Pelabuhan - News

Laporan Wartawan News, Adiatmaputra Fajar Pratama

News, JAKARTA - Kementerian Perhubungan meminta Badan Layanan Umum (BLU) untuk mengelola 116 pelabuhan Unit Pelaksana Teknis (UPT). Rencana tersebut diberlakukan mulai 1 Juli 2015 di bawah pengawasan Kemenhub yang dibagi ke dalam enam wilayah berbeda.

"Semuanya itu agar lebih produktif, diusahakan oleh pemerintah," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R Mamahit di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (16/3/2015).

Enam wilayah tersebut di antaranya Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali/Nusa Tenggara Barat/Nusa Tenggara Timur, Maluku, serta Papua. Dengan begitu setiap satu wilayah akan dikelola satu BLU. "Tapi kami pilih yang besar saja," jelas Bobby.

Dengan pengelolaan BLU, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menargetkan PNBP sebesar Rp 5,4 triliun pada 2015. Angka tersebut naik drastis dari tahun 2014 sebesar Rp 900 miliar.

"Diharapkan target Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang disumbangkan subsektor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada tahun ini dapat tercapai," sambung Bobby.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat