androidvodic.com

Pembukaan Simpanan Pelajar Capai 117 Ribu Lebih - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlah rekening dalam rangka program Simpanan Pelajar (Simpel) baik yang konvensional dan syariah telah mencapai 117.911 rekening atau 117,9 persen dari target 2015 yaitu sebanyak 100 ribu rekening sejak dilakukannya aktivasi program tabungan SimPel/SimPel iB pada 8 September 2015.

"Untuk tahun 2016, kami mentargetkan angka tersebut akan terus meningkat, sejalan dengan dukungan dari kementerian terkait dan para Gubernur Kepala Daerah," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Program Tabungan SiswaSimPel/SimPel iB telah diluncurkan secara resmi pada 14 Juni 2015 oleh Presiden Republik Indonesia sebagai salah satu bentuk dukungan OJK bersama industri perbankan dalam membangkitkan kembali kampanye "budaya menabung" bagi pelajar sejak dini.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti mengatakan, budaya menabung penting dimulai sejak dini agar dapat mendidik anak untuk mampu mengendalikan diri dalam bersikap konsumtif serta belajar untuk dapat membelanjakan uang yang dimilikinya secara bijak.

"Kegiatan menabung dapat melatih anak dalam mengelola keuangan secara bertahap sehingga pada saatnya nanti mereka dapat tumbuh menjadi masyarakat yang terampil dalam hal pengelolaan keuangan dan pada akhirnya akan mencapai kesejahteraan keuangan (financial well-being)," ujarnya.

Selain itu, sebagai bentuk keseriusan regulator dalam menggaungkan kembali budaya menabung, OJK menginisiasi Gerakan Nasional Menabung (GNM) dengan menetapkan Hari Rabu pada pekan pertama setiap bulannya sebagai Hari Rajin Menabung dan Program Tabungan Siswa SimPel/SimPel iB merupakan salah satu instrumen keuangan dalam GNM itu.

Dalam mengimplementasikan program tersebut, kata Muliaman, peran Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementrian Agama sangat signifikan dalam rangka mempermudah akses SimPel/SimPel iB dengan kesatuan pendidikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat