androidvodic.com

Jiangsu Dongqun Tertarik Dirikan Pabrik Tekstil di Indonesia - News

News, JAKARTA- Investor asal China, Jiangsu Dongqun Investment Holding Group Co Ltd menyatakan minatnya membangun industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dengan nilai investasi sebesar US$ 100 juta.

Minat ini disampaikan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan kunjungan kerja ke China dalam rangka menghadiri KTT G-20 di Hangzhou.

"Kami tentunya menyambut baik minat Jiangsu Dongqun Investment Holding Group Co Ltd yang ingin berinvestasi di Indonesia," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto lewat siaran pers, Selasa (6/9).

Airlangga juga menyampaikan beberapa opsi lokasi investasi seperti di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah, mengingat masih luas lahannya dan tenaga kerjanya yang tersedia cukup terampil.

Airlangga mengaku telah melakukan pertemuan dengan jajaran manajemen Jiangsu Dongqun Investment Holding Group Co Ltd di Shanghai.

Dia didampingi Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Harjanto serta Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.

"Kami meminta kepada mereka agar dapat melakukan kerja sama dengan lokal partner," ujar Airlangga.

Di pertemuan itu, manajemen Jiangsu sempat menanyakan tentang insentif investasi serta ketersediaan energi bagi industri TPT.

Airlangga menjelaskan, ada deregulasi kebijakan ekonomi untuk mengurangi aturan-aturan yang dapat menghambat perkembangan industri dan bisnis di Indonesia.

Hingga saat ini, sebanyak 13 paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan.

"Pemerintah juga tengah mengkaji penurunan harga gas yang kompetitif bagi industri, termasuk untuk sektor TPT. Hal ini untuk meningkatkan daya saing industri tersebut," tuturnya.

Di samping itu, tambah Airlangga, bagi industri yang memenuhi syarat akan diberikan insentif khusus seperti tax holiday, tax allowance, dan pembebasan bea masuk bagi industri tertentu dalam rangka investasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat